Mas Dwi,
Sangat-sangat jarang banget non-Kristen bisa menulis dengan tepat
term2 kristiani seperti penulis ini. Kelihatan dia ngerti betul
struktur gereja dan dalemannya.
Namun yang lebih penting, saya melihat iman Islam yang sungguh dewasa
dari penulis ini. "Kotak" tak lagi memenjarakannya.

Artikelnya pun menarik, mengingatkan saya bahwa gereja2 sekarang (dan
saya juga) semakin lupa akan panggilannya di dunia: memanusiakan
manusia. Semoga makin banyak gereja seperti yang didatangi penulis itu.

Gereja saya yang sekarang juga sebuah gereja ekumenis* (seperti gereja
yang didatangi penulis), pendetanya belajar berbagai agama
(interestnya ke Hinduism dan belajar meditasi sampai ke India). Tiap
gereja biasanya ada semacam kelompok bible study pada hari2 tertentu
diluar hari ibadah. Di gereja ini hari bible study itu tak hanya
belajar tentang kitab Kristen, tapi juga diajar mengenal ritual agama
lain, seperti meditasi dari tradisi Hinduism dan Buddhism.

Dalam kebaktian Minggu Palm kemarin (minggu terakhir dari rangkaian 7
Minggu Sengsara Yesus sebelum hari Paskah. Minggu Palm penanda
mengenang Yesus waktu dielu-elukan dengan daun palem ketika memasuki
Yerusalem), bahkan bacaan buat renungannya diambil dari teks Buddhism!
selain dari Alkitab sendiri.  Tahun lalu pernah juga di ibadah minggu
diselipkan teks Qur'an. Saya kira, teks2 yang sifatnya universal bisa2
saja dipakai, ada baiknya belajar kenal agama lain, apalagi dunia
makin plural. Tidak semua gereja bisa seperti ini sih. Mungkin kalau
ada kelompok konservatif yang tahu, kami bisa dilabeli sesat :)

Salaam,
Ida

*Ecumenical: Pertaining to the "whole inhabited earth." It is now used
to describe the movement to restore unity to all Christians or to
describe openness and self-examination shared with other Christians to
the end that Christ's prayer for unity might be fulfilled. It is
sometimes used to describe any cooperative venture between communions.
www.elca.org/ecumenical/glossary.html

--- In wanita-muslimah@yahoogroups.com, "Dwi W. Soegardi"