Salam,

NGGLADRAH dan NYLENEH merupakan dua kata dalam bahasa jawa yang tidak
banyak dikenal, karena sulitnya menemukan padanan dalam bahasa lain
(termasuk bahasa Indonesia). Bahasa Jawa sebagai keturunan bahasa
sankrit (sansekerta) merupakan bahasa yang sangat feodalistik,
dipengaruhi doktrin kasta.

Bahasa jawa mengalami perubahan dramatis ketika dipergunakan oleh
masyarakat wilayah pantai (khususnya pantai utara pulau jawa), karena
hemegoni kerajaan tidak terlalu kental dan tidak adanya golongan
pemilik tanah di wilayah pantai, kehidupan ekonomi sepenuhnya ditopang
oleh industri perikanan dan perdagangan. Hingga cara berpikir
masyarakat pun berbeda antara jawa pedalaman dan jawa pantai.
Unggah-ungguh / toto kromo / tata krama tidak lagi dianut terlalu
ketat sehingga tidak ada penggunaan bahasa yang berbeda dalam
masyarakat. Tua-muda, kaya-miskin, bangsawan-rakyat berbicara dalam
bahasa yang sama di wilayah pantai (berbeda dengan di pusat
kerajaan/pedalaman).

pemikiran masyarakat jawa pantai ini yg disebut NGGLADRAH / NYLENEH
oleh masyarakat jawa pedalaman. Penjelasan singkatnya, nggladrah itu
NON LINEAR, misalnya ditanya 5 + 3 = berapa ? bagi yang berpikir
linear akan menjawab 8, namun bagi pemikir nggladrah bisa menjawab 5+3
= 6+2 atau 7+1 atau 3+5 dst .... Kaum bangsawan sangat memegang azas
atau ketentuan, semuanya dibakukan, namanya :  PAKEM. Sementara
masyarakat pantai bersifat egaliter dan bebas, tidak terlalu suka pada
PAKEM. Karena tidak suka pakem disebut NGGLADRAH :=( contoh secara
naratif misalnya : Tadi saya ketemu mertua suami istri saya, sebagai
pengganti : tadi saya ketemu mertua saya.

Ini contoh cerita hasil modifikasi yang suka disebut nggladrah :
Datuk Husein On dari malaysia, Lee Kuan Yew dari Singapura dan
Soeharto dari Indonesia menghadap Tuhan untuk mendapatkan petunjuk
menyusun rencana pembangunan negara masing2 : Lee Kuan Yew mendapat
giliran pertama, dan bertanyalah dia : Tuhan berapa Tahun rakyat saya
akan menjadi makmur dan maju.Tuhan berpikir sejenak : rakyatmu suka
bekerja keras, jujur dan memiliki integritas, tapi karena tidak
memilki sumber daya alam, rakyatmu akan makmur dalam waktu 20 tahun.
Lee Kuan Yew menangis dan berlalu. Datuk Husein on mengajukan
pertanyaan yg sama : Tuhan menjawab : rakyat malaysia agak multi etnik
jadi ada sedikit hambatan, rakyat malaysia akan makmur dalam waktu 25
tahun. Datuk Husein on menangis dan berlalu.

Giliran Soeharto dengan penuh keyakinan sebagai pemimpin negara besar,
dengan sumber daya alam melimpah dan sangat kaya bertanya : Tuhan
berapa tahun rakyat indonesia akan makmur dan maju. .... TUHAN
MENANGIS DAN BERLALU.

Masih ada cerita nggladrah tentang kaum katholik dan yehudi yang tak
pernah akur. Tiga perempuan tua yg dulunya teman satu kelas waktu SMA
sepakat untuk bertemu di sebuah cafe. Mereka memesan kopi, 2 perempuan
pemeluk katholik dan satu pemeluk Yehudi. Perempuan katholik pertama
bercerita " anak lelaki saya sudah menjadi senator, seorang yang
sangat terhormat, setiap dia berjalan di tengah kerumunan orang2,
orang2 itu akan berdiri dan menganguk hormat sambil berucap " YOUR
HIGHNESS". Perempuan katholik kedua bercerita tak kalah antusiasnya :
Anak lelaki saya sudah menjadi uskup, sangat dihormati teman disegani
lawan, setiap dia berjalan diantara kerumunan orang, orang2 itu selalu
menganguk hormat dan berucap "FATHER .... ". Dua perempuan katholik
itu melirik perempuan Yehudi yg tampak gugup meminum kopinya. 2
Perempuan katholik bertanya bagaimana dengan anakmu. Perempuan yehudi
menarik nafas panjang dan menjawab : Anak lelaki saya suka olah raga,
hingga tubuhnya sangat atletis, dia tampan, sekarang menjadi pialang
saham di wall street, kemana-mana mengenakan jas mahal dan
berpenampilan menarik, setiap dia berjalan diantara kerumunan orang2.
Para perempuan muda berucap " OH MY GOD .... ".

:=))