Terima kasih atas penjelasanya Pak Wida...setidaknya Pak Wida lebih
memahami masalah ini daripada saya yang memang masih merasa remeng2.

Kehidupan akhirat itu mutlak harus dipercaya tapi apakah berupa suatu
reward and punishment yang selama ini di gambarkan.. ini masih menjadi
satu hal yang menjadi tanda tanya buat saya...

A/way terima kasih atas sharingnya Pak Wida;)

--- In wanita-muslimah@yahoogroups.com, [EMAIL PROTECTED] wrote:

> [...]
> mengimani bahwa kenikmatan syurga itu lebih dari itu. Dan kenikmatan
> syurga itu bukan hanya sungai2 yang mengalir. Nabi mengatakan: di dalam
> syurga terdapat kenikmatan yang belum pernah mata melihatnya, telinga
> mendengarnya, bahkan terlintas di dalam hati. Ini kenikmatan untuk
semua
> manusia, siapapun mereka.
>
> Mungkin maksud pertanyaan mbak Kilat sebenarnya adalah, apakah gambaran
> konkrit kenikmatan syurga sebagaimana di al-Qur'an itu nyata atau hanya
> penggambaran saja? Atau apakah kenikmatan syurgawi itu bersifat
Ruhaniah
> [...]
> yang seperti itu. Karena banyak sekali perintah2 al-Qur'an untuk
berbuat
> baik terhadap fakir miskin dan anak yatim, atau golongan lemah di dalam
> masyarakat, sebagai syarat baiknya agama. Dengan kata lain sebagai
syarat
> untuk masuk syurga juga. Dengan penggambaran yang seperti itu,
seharusnya
> seseorang semakin banyak mengejar amaliah sosial juga bukan hanya
amaliah
> pribadi. Nabi pernah bercerita pada sebuah hadits Qudsi: Suatu saat
Allah
> telah memerintahkan kepada malaikat azab untuk menjatuhkan hukuman
kepada
> sebuah masyarakat karena banyaknya perbuatan dosa mereka. Malaikat itu
> mengatakan: tetapi masih ada seorang ahli ibadah di masyarakat itu.
Lalu
> Allah berkata: Justru engkau mulai dari ahli ibadah itu. Karena ia
tidak
> merah mukanya (marah) melihat kemaksiatan berlaku di sekitarnya.
Nah, apa
> hikmah dari hadits ini? Dibenarkankah seorang yang hanya mengejar
> kesalehan pribadi?
>
> Orang yang mempersekutukan Tuhan yang pasti akan merugi di akhirat
karena
> ia diancam siksa neraka. Sedangkan di dunia mungkin saja ia tidak
> merasakan apa-apa bahkan hidup dalam kemakmuran. Mungkin saja.
Karena dosa
> mempersekutukan Tuhan adalah dosa ruhani (bathin) bukan dosa jasmani.
>
> Neraka adalah tempat bagi orang yang ketika hidup di dunia penuh dengan
> kesombongan dan keangkuhan. Di neraka, tidak akan ada satupun yang
mampu
> untuk berbuat sombong dihadapan siksa Tuhan Yang Maha Perkasa.
Kehidupan
> akhirat adalah negeri pembalasan, bukan negeri beramal. Kesombongan
ketika
> hidup di dunialah yang akan diganjar dengan neraka di akhirat nanti.
Nabi