kang arcon,
saya dulu mengagumi Robin Hood, si Pitung, dan Bajing Ireng (terlepas
mereka tokoh fiktif,legenda atau fakta sejarah). Tampaknya di Inggris
sana, di betawi dan di lebak, menganut filosofi yang sama. Jalan apa-pun
yang anda tempuh, yang penting TUJUANNYA BAIK. Kalo meminjam terminologi
ulama kebanyakan, yang penting NIATNYA (inna dinna min dzaladhil niyat
... mungkin gak tepat transliterasinya).

saya bandingkan dengan filosofi Islam dan (menduga) bagaimana Tuhan
memberikan PRIZE and REWARD. Keyakinan saya, Gusti Allah tidak menilai
peran apa yg anda sandang, melainkan bagaimana anda memainkan peran
tersebut jauh lebih penting. Juga ketegasan Islam. Bohong itu ya BOHONG,
tidak ada white lie, grey lie dan black lie :=)) nonsen bagi saya. Kalau
saya bisa membohongi kolega, pasti bisa juga bisa membohongi istri dan
membohongi Tuhan.

CARA sangat penting bagi Tuhan, ingat ketika mantan bromocorah Umar ibn
Al-khattab menorehkan pedang ke sebuah tulang untuk memperingatkan
gubernur damaskus yg mencoba menggusur rumah nenek yehudi dalam
pembangunan mesjid agung. Its great story. Umar ibn al-khattab tidak
berpikir ala Robin Hood, si Pitung atau Bajing Ireng.

Perintah untuk berbagi bagi yang mampu kepada yang tidak mampu. Tidak
membuat HALAL mengambil milik pihak mampu yg tidak bersedia berbagi.
Karena keikhlasan urusan vertikal. Jangan merasa menjadi wakil Tuhan
dengan nyolong barang si kaya dan membagikan kepada si miskin. Disini
kita bisa melihat betapa nilai filosofi Islam yang amat tinggi. Meski
jengkel sampai ubun-ubun melihat orang kaya raya tak mau menderma, tidak
otomatis harta mereka halal dicolong. NYOLONG apapun alasan dibaliknya
HARAM.

Kita tidak akan mampu mengubah akhlak anak-anak kita dengan membakar
semua tabloid porno, menyetop sambungan internet dan tidak membeli dvd
player. Anak harus diubah dari dalam, ditanamkan pengertian, apa sih
untung lu le tole .... kalo browsing adult site? Kalao didalamnya sudah
kuat, segala majalah itu dibeberkan didepan matanya pun paling nyengir
... (ingat pesan nyak babe). Anak kita tidak akan jadi ahli berenang
dengan kita bacakan 1001 teori renang .... dorong saja masuk kali,
pertama dia akan gelagepan, tapi hari demi hari dia akan belajar
bagaimana ngambang di air :=))

Lihat saja, apakah setelah kantor PB dibakar, trus kontan semua muslim
bertakbir, bukan bertakbir, malah yg misuh banyak .... (kesempatan
menikmati PB tanpa kamus hilang). Hidup manusia itu proses menuju
kematian,mengisi hari-hari dalam proses lebih bermakna dibanding hasil,
tokh begitu hasil dicapai, sedetik kemudian kita butuh proses lanjutannya.

salam