Hayyyaaa...setuju Pak Arcon, inequality di Indonesia sepertinya
dalam peluang posisi, biasanya level menengah ke decision making.

Mengenai perbedaan paychek karena warna kulit, wah itu persoalan
klassik, dengan urutan sbb: bule, Jepang/Korea, India, Cina,
Thai/Filipine, dst.

Waktu itu pernah diskusi dengan seseorang (anggota WM jugak..:-)
mengenai isu paycheck di sektor community development. Dia concern
dengan perbedaan tajam antara pekerja bule dan pribumi, bahkan
menurutnya bule ini dibayar lebih tinggi dari di negaranya.

Lalu aku inget-inget dulu di negeri bule pernah melamar kerja di
NGOs - emang gajinya kecil, makanya aku nggak tertarik waktu itu.
Trus kubilang, mungkin karena faktor resiko - Indonesia lebih
beresiko.

Yah, kita bisa menghibur-hibur diri dengan segala macam alasan.
Misalnya nih, dari 100% jumlah yang disalurkan ke community
development misalnya, 40% balik lagi ke ownernya. Yah...kalo
menghitung secara rasional sih bisa saja diterima, tapi dampak
inequality itu lebih ke sosial dan ekonomi dalam negeri (i.e
inflasi), dimana golongan menengah Indonesia relatif lebih tipis
ketimbang lapisan menengah di negeri maju.

Salam
Mia

--- In wanita-muslimah@yahoogroups.com, "Ari Condro" <[EMAIL PROTECTED]>