=======================
  From: Guarda Del Corazon
    Date: Thu Apr 20, 2006  8:01 am
Subject: Renungan Perjalanan: Prolog (3) - Mengapa backpacking

  sebermula, backpacking hanyalah karena keterbatasan biaya
  bahasa surabaya nya:mbambung alias ala gelandangan.....
  masalahnya, gimana kalau ternyata kesederhanaan, kebersahajaan berubah menjadi kenikmatan ?
  tak ada lagi rasa terpaksa untuk tidur berbagi bersama 5 orang lain yang baru kenal sorenya sekamar
  rasanya, naiknya adrenalin menunggu surprise untuk tahu siapa yang sekamar sungguh excited
  mulai menikmati guyonan sambil masak didapur hostel
  dan jalan darat adalah pilihan, bukan lagi keterbatasan biaya

  saya tahu kalau bis di sumatera utara sering ada kenek yang pandai mengikat barang diatas, dan umumnya orang keling
  kata orang, kalu kenek teriak teriak :"longok, longok, barang ayu", artinya angkudes nya rute cilongok - ajibarang - bumi ayu
  saya tahu, kalau sudah ada yang teriak wingko babaaat, berarti KGB (bukan Komitet Gosudarsvenoy Biro lho, tapi Kereta Gaya Baru), mulai mendekati Semarang

  saya pernah nunggang motor keliling bali, saya nikmati benar mblusak mblusuk tanpa ada jadwal yang jelas kalau nyasar ya tanya penduduk
  saya baru ngeh, waktu di toya bungkah orang bilang minyaknya hampir habis, yang dimaksud ternyata adalah bensin
  kalau tanya jalan, entah kenapa, ada kecondongan untuk menyebut:"o, tinggal  5 kilometer lagi", mbuh sudah jalan bolak balik masih segitu aja
  persis kalau kayak mendaki gunung welirang - arjuno, selalu bilang tinggal satu rokokan lagi
  saya juga baru tahu, kalau tambal ban di sana punya dua menu:di pres (di tambal) biasa atau pakai api ?
  saya ikutan mandi adat di air panas toya bungkah, ya karena gakk tahu dan pingin mandi air anget malam malam......

  kadang dimalam hari air mata saya menitik, saat sendirian di kamar
  Gusti Allah sungguh sungguh menuliskan ayat ayatnya di cakrawala
  di mana kita bisa membaca melalui hal yang dilakukan manusia
  begitu banyak yang di pertontonkan oleh ayat ayat Nya, untuk menjadi pelajaran bagi kita
  ketika kita tak lagi ada di keseharian yang meneduhkan,
  ketika tak berada dalam rasa aman di lingkungan sehari hari
  ketika tercerabut dari ke seharian kita,
  dan terbenam dalam keseharian manusia lain yang tak kalah bahagianya dengan kita.....

  itulah jawaban mengapa saya suka backpacking
  satu satunya kendala, backpacking membutuhkan fisik yang baik
  dan saya sadar, fisik saya akan terus menurun.....

  salam,
  pranoto