  From: Guarda Del Corazon
  Date: Tue Apr 18, 2006  11:21 pm
Subject: Oleh oleh dari Saigon

  rekan rekan,

  seminggu yang lalu, saat sholat subuh di Masjid Jami Saigon,Vietnam, saya di datangi anak muda.Dia adalah Imam Masjid Saigon, dan bisa cakap Melayu.Kami ngobrol soal kaum muslim disana.

  Dia sampaikan ke prihatinan nya, karena kualitas jumlah muslim yang terus merosot dan kuantitas yang merosot.Dari 14 mesjid di sekitar kota, hanya 7 yang masih ada sholat Jumat.Saya juga gak yakin selalu ada sholat jamaah lima waktu disana.

  Saya sempat nanya soal madrasah yang sepi.Dan dia bilang kalau madrasah sudah lama tutup gak ada murid.Pengetahuan Islam warga Muslim disana juga minim.Pengajaran yang ada sebatas cara sholat.Buku buku terbatas.

  FYI, Vietnam negara yang sangat care soal buku, tapi memang jarang buku soal Islam.Saya lihat di rak buku Masjid, buku buku Islam dalam bahasa Indonesia, Melayu, Perancis.Hanya ada satu buku dalam bahasa Vietnam.
  Sementara, kaum tua, terlalu lelah dengan tantangan hidup.Menurut dia, uang yang masuk kotak shodaqoh, habis untuk biaya hidup takmir dan juga perawatan Mesjid ini.Para pemangku Masjid, kebanyakan orang tua.Ide ide untuk mengembangkan Islam, menjadi kandas di jalan di dera kelelahan mental.
  Dia membenarkan keterangan dari teman saya, Chuong, bahwa masih ada kampung Jawa di Saigon.Dan mereka masih memegang sebagian tradisi Jawa dan Islam.Sayang, saya gak sempat berkunjung kesana.

  Saya sempat membaca Lonely Planet, dan beberapa penjelasan peta lokal ber bahasa Inggris, memang di arah Timur, dekat Kamboja, ada pemukiman yang mengaku Islam.Sayangnya, ritual Islam sebatas sholat Jumat dan puasa Ramadhan yang dikerjakan selama 3 hari saja.Identitas luar yang kasat mata, mereka tidak makan babi dan tidak minum minuman keras serta memakai sorban.
  Kembali soal masjid Jami, ada kerisauan lain.Masjid Jami ini, terletak di lokasi kelas 1, dibangun pada 1935, dengan tulisan Perancis.Lokasinya, setara lah dengan kawasan Thamrin.Masalahnya, sudah ada 3 bangunan ruko tinggi - ruko disini kadang 8 lantai lho - yang mencaplok lahan Masjid.Surat surat tanah, gak begitu jelas.Maklum, dari Perancis, terus merdeka, terus Amerika, terus jadi komunis dll.

  Saya berpikir, kalau ada kemampuan sih, gimana kalau ngirim orang untuk jadi da'i disana.Atau kayak orang Madagascar, ambil orang Islam yang pinter dan di sekolahin di IAIN Jakarta.Cara lain, mungkin bekerja sama dengan organisasi islam Malaysia, karena banyak orang Malaysia yang sering wira wiri disana.Petronas, punya gedung 8 lantai disana.

  Demikian oleh oleh singkat.

  salam,

  pranoto