Setuju Pak Wida. Alloh atau yang disebut Tuhan itu mestilah Yang Maha Adil.
Dan Islam atau tujuan mendasar atau yang murni dari agama-agama itu tiasa
lain ya untuk menegakkan keadilan.

Asma'ul Husna "Yang Maha Adil" sayang tidak banyak dijadikan wirid
sehari-hari kaum Musliminn. Demikian juga, khalifah yang berjuluk Imam yang
Adil telah terbukti dalam sejarah tidak mendapat banyak tempat pada hati
sebagian besar kaum muslimin. Padahal keadilan adalah tonggak tegaknya
kehidupan ini. Kadilan lebih mendasar dan lebih prioritas dibanding
kebaikan.

Keadilan, sebagaimana menurut Syaidina Ali kw, adalah mengembalikan sesuatu
kepada tempatnya, sedangkan kebaikan adalah mengeluarkan sesuatu dari
tempatnya. Sebelum seseorang dapat mengeluarkan sesuatu dengan benar, ia
haruslah mampu mendudukkan sesuatu itu pada tempatnya dengan benar. Atau,
sesuatu yang dikeluarkan itu sebelumnya harus berasal dari sumber yang
benar. Kedilan adalah rukun, kebaikan adalah penghias setelah rukun itu
tegak.

Betapa banyak manusia telah "berbuat kebaikan" dengan modal atau kekayaan
yang masih dipertanyakan dari segi keadilan. Visi mendahulukan kebaikan
daripada keadilan akan sangat berbahaya dalam realitas kehidupan
sehari-hari. Sebab, hal itu akan menggiring manusia untuk berlomba-lomba
berbuat "kebaikan" dengan tidak peduli apakah sumber kebaikan itu telah adil
atau belum.

Semoga kita semua terhindar dari perbuatan yang tidak adil.

salam,
manAR