Katanya ganja itu sebetulnya sudah lama berada di Aceh. Menurut keterangan
almarhum teman karib saya yang juga pernah menjadi anggota di WM dia katakan
bahwa dulu ganja disana dipakai sebgai bumbu penyedap makanan. Tetapi,
dengan adanya  komersialisasi kebutuhan pemakaian yang lebih lain dari biasa
maka dikembangkan usaha ke arah tsb.. Komersialiasai ini terjadi karena
memang sebahagian besar penduduk tidak mempunyai mata pencaharian sekalipun
Aceh itu kaya minyak dan gas alam. Pendapatan dari minyak dan gas alam ini
agaknya tidak diinvestasikan untuk membuat sektor-sektor ekonomi yang dapat
menampung tenaga kerja yang bertambah tiap tahun. Hal ini  bisa diobservasi
dari foto-foto setelah tsunami, bahwa tidak ada tanda-tanda fundasi dari
sektor usaha skala industri yang  mempekerjakan dan memberi nafkah tetap
pada penduduk. Jadi ganja memberikan suatu alternatif bagi sebahagian
penduduk, labanya besar dan tak perlu kerja banyak.

Tanaman yang dipakai untuk membuat candu di Afghanistan itu pada dasarnya
terdapat dibanyak negeri. Tumbuhan ini berbuah, umumnya satu tanaman satu
buah. Dalam buah itu banyak biji-biji kecil berwarna hitam, biji-biji ini
bisa dijual dimana saja, karena antara dipakai untuk bikin kue. Kalau tak
salah di Polandia kue dengan biji-biji tsb namanya: "ciastko makowe".  Buah
dari tanaman tsb kalau digores  mengeluarkan getah, getahnya sedikit sekali,
tetapi kalau punya banyak hekatar tanaman tsb. tentu cukup banyak kwantitas
yang didapat dan lumayan penambahan pendapatan keluarga. Karena ada selalu
permintaan yang tinggi  dengan harga yang jauh lebih baik dari hasil tanaman
lain, maka mungkin sekali petani Afghanistan lebih memperhatikan pendapatan
dari pada akibat. Dari opium dibuat heroin yang dipakai dalam bidang
kesehatan sebagai bahan [obat] mengurangi rasa sakit pada pasien yang
menderita.