Assalamu'alaikum Wr Wb
Bu-Lik Aisha .. maaf... boleh nggak kalau saya panggil Bu-Lik? Karena pernah
saya baca posting dari anggota milis ini, anda berusia 72 th.  Jadi kalau
saya taksir usia anda mungkin lebih muda dari Ibu saya, 77 tahun, jadi
seolah-olah seperti adik Ibu saya (alm.)  Tapi kalau nggak boleh ya saya
urungkan memanggil Bu-Lik.

Saya setuju  bahwa dakwah melalui perbuatan itu lebih baik.  Oleh karenanya,
saya nggak mau bicara duluan.  Saya baru memberi keterangan jika saya
ditanya orang mengapa saya melakukan ini dan itu ... yang semuanya bermuara
kepada Sang Pencipta.

Cerita saya ttg muslimah singapore itu, saya setuju dg anda, juga karena
saya mengakui keunikan dari setiap individu dengan segala pilihan masing2.
Kalau soal larangan meminum khamr, betul itu bukan sekedar "agama melarang".
Saya malah berpedoman, jika kita takut melakukan dosa kecil, maka kita akan
lebih takut lagi untuk melakukan dosa yang besar.  Bagi saya minum alkohol,
makan daging babi, itu hanya dosa kecil.  Tapi justru dari rasa takut
berbuat dosa kecil, maka untuk berbuat dosa lebih besar ... no way lah ...
yauw!! :-D  Karena dari yg kecil itu, rentetannya akan sampai kemana-mana ..
bisa sampai ke perzinahan, lalu korupsi utk membiayai perbuatan2 terlarang,
gaya hidup hedonist .. dsb.  Ini hasil pengamatan saya dari kejadian nyata.
Selalu begitu, larinya ke situ2 juga, hingga menjadi skala besar (negara)
karena dilakukan secara kolektif.  Di posting anda terdahulu, anda katakan
bagi yang tidak mau ikut arus, maka menyingkir adalah pilihan.  Dan itulah
yang suami dan saya pilih... menyingkir.  Di kalangan masyarakat Indonesia
dulu sewaktu tinggal di Kuba, mereka mengatakan bahwa suami saya ini putra
bangsa.  Wah .. pujian itu terlalu berlebihan.  Tapi yang jelas "putra
bangsa" yang jujur, berdedikasi tinggi dan sangat loyal pada negara ini,
justru tidak dihargai di negeri sendiri... nggak laku gitu :-(  ...  Cerita
lain soal khamr, dari urusan mabuk2-an yg dilakukan oleh orang lain di suatu
negara, pernah saya bahkan harus menanggung biaya yang amat tidak sedikit.
Saya sampai kenyang di-goblok2-in oleh teman saya, karena selalu saja saya
tidak berdaya.  Habis kalau sudah menyangkut nyawa orang, apapun agamanya,
bahkan atheis sekalipun, masa' sih kita mau berdiam diri?  Yang mabok siapa
... orang lain ikut  nanggung akibatnya ..... Ini sekedar contoh soal
kemudharatan minuman itu.... makanya dilarang meskipun sedikit.

Mengenai serbuan ke negara minyak, para penyerbu tidak mau mengakui bahwa
sebenarnya sasaran mereka adalah utk menguasai kekayaan negara yg diserbu.
Jadi perlu dibuat opini dunia, merekayasa issue2 fitnah ciptaan mereka bahwa
Islam menindas wanita, Islam biadab, senjata pemusnah massal (fiktif), dsb.
Dan ini selama sekian dasawarsa telah disebarkan/dikampanyekan ke seluruh
dunia dengan menggunakan alat yang ampuh bernama MASS MEDIA melalui budaya,
hiburan, iklan, dsb.  Sehingga dunia akan menganggap bahwa negara dg
penduduk muslim (dan kaya minyak) memang layak diserang, ditaklukkan untuk
dikendalikan/dikontrol.

Yang anda ceritakan di Indonesia ada perbuatan heboh-heboh dalam
mengekspresikan cinta di tempat terbuka, apalagi di lingkungan mesjid,
menurut saya perbuatan itu tidak bermoral, di manapun letak geografis
perbuatan itu terjadi.

Wassalam,
Flora