Aku cuma kasih contoh nyata, bahwa gagasan imam perempuan itu
ekspressi dari sifat kita yang Tauhid-egaliter.  Saya positive
thinking di sini, yaitu sebagai ummat yang bergerak dinamis kita
berlari di antara 4 quadrant yang Pak Irwank jabarkan itu, namun
kehidupan batin kita corenya tetaplah egaliter.

Saya nggak pernah melempar gagasan imam perempuan utk lokal
Indonesia, walaupun waktu tinggal di luar negeri dulu ini menjadi
masalah praktis (karena imam laki-laki kadang kayak 'endangered
species'...).

Jadi Amina Wadud yang melempar gagasan imam perempuan itu, lahir
dari konteks Amerika (atau mungkin global), not exactly Indonesia.
Dan jangan salah mbak Indonesia...eh Sarinesia...:-), masyarakat
Muslim Amerika menempati urutan middle class, dan working class loh -
dengan lifestyle 'republican'. So mereka maju - walaupun mesjid
Indonesia di NY kayaknya 'dibajak' sama kelompok konservatif...:-(

Salam
Mia
Sarinesiaaaa...tanah airku...tanah tumpah darahku...:-)

SArinesia:
> wah.. gawat mbak kalo masuk soal fiqh (imam salat). kilafiyah gak
bisa
> diselesaikan. nanti ummat Islam malah gak maju-maju.. kayak
> "nglundunge semprong" .. terjemahannya berputarnya semprong..
semprong