1. sampean pakai setahu saya, saya juga pake setahu saya.  sama sama gak
punya catatan akuran, sama sama merekonstruksi dari sejarah saja.

2. emang ada hadits yg bilang sahabat banyak derma, sehingga ghonimah cuman
ambil dikit, (yg banyak kan dah wajar, jadi gak diberitain lagi).  kalo
abdurahman bin auf yg kita denger emang pandai dagang.  aku sih mikirnya oom
abdurahman ini kayak para pedagang venesia yg pedit, pelit, hemat, otak
dagang tajam, pas perang salib mereka jadi kaya raya, karena pasang tarif
tinggi buat pasukan salib yg mau nyeberang dari bandar messina ke jerusalem.
(apalagi status nya dia itu sahabat, kenal ama orang orang penting di
kemiliteran, cincai lah ...) dan bayangin dia (abdurahman bin auf) jadi
supplier senjata dan jadi vendor logistik buat pasukan perang.  kayak
perusahaan di amerika yg bikin peswat tempur, senjata dan tank gitu lah ....
logistik, yah bayangin lah kayak oom sabri.  punya armada 1000 unta buat
bawa perbekalan, sekalian supply perbekalan buat pasukan perang.

Untung sebenernya dapat 1000, di depan umum, pasang tampang dermawan, ini
aku kasih donasi 200 untuk jihad di jalan Allah swt.

Kira kira seperti itu.  kerjaan ala kwadran 4, uang bekerja untuk kita.
bukan kita yg kerja demi uang.  makanya abdurahman bin auf bisa charity
banyak tanpa bangkrut.  dan itu pula, gaya pedagang ala ekspansionis perang
gini yg diwarisi olehkebanyakan arab ajman sekarang.  see .....

3. emangnya usman pas jaman kalifah klan dia bisa terkenal kaya raya dari
mana ?  akumulasi dari jaman di mekah sampai jaman perang dan ekspansi kan ?
apalagi pas jaman muawiyah dan seterusnya, pas jaman udah bisa ngalahin
romawi dan persia.  apa ndak tambah mblenduk tuh pundi pundi ???

salam,
Ari Condro