--- In wanita-muslimah@yahoogroups.com, "Ary Setijadi Prihatmanto" <[EMAIL PROTECTED]> wrote:
> Mas Hadi,
>
> Tiananmen itu momen ketika pemerintahan menyadari bahwa jika tidak ada
> perubahan maka nasib Cina akan serupa dengan Uni Sovyet.
> Harus ada konsesi....(disinilah keberhasilan demo Tiananmen itu...IMHO)
>
> Pemerintah RRC memilih untuk melepas ekonomi tapi tidak secara politik
> Silahkan anda dagang sepuasnya ditempat-tempat yang ditentukan asal jangan
> main politik, gitu lah  kira-kira...
>
> Tapi jangan lupa mas Hadi,
> harga yang harus dibayar China itu besar banget...
> Kelas menengah memang membesar secara masif
> [...]

Kang Ary,
Kalo melihat uraian kang Ary langkah, kebijakan Cina yg diadopsi secara simultan dari periode sblmnya, mudah2an gak bakalan terjadi di indonesia.  Terutama sisi kebijakan politik mereka itu yg sedemikian kaku.  Ditambah dgn kemiskinan absolut spt yg anda bilang, tentu ini hanya meninggalkan bom waktu di masa yg akan datang.
Tapi setidaknya kita hrs mau belajar dari kelebihan dan kelemahan bangsa lain, juga pengalaman kita yg dulu2.
Pemberdayaan potensi agar investor tertarik utk masuk, undang2 anti korupsi serta aplikasinya yg sungguh2, sepatutnya kita contoh kan?

Pemerintahan SBY ini, walaupun saya tidak memilihnya pada pemilu lalu, tetap patut kita dukung.  Apalagi saya merasa pemerintahan ini jauh lebih baik dari yg sudah-sudah.  Gejala positifnya sudah sedikit terasa sekarang, investor pada mau datang, walaupun mungkin masih ada kekurangan di sana-sini. At least, kemauan dan kesungguhan mereka sudah bisa sy tangkap.

Come!! to Bandung  -  www.visitbandung.net