Jika saja saya boleh mewujudkan keinginan saya, tentu saya ingin
menerapkan standar pakaian yang sopan menurut saya. Tetapi toh saya tidak
ingin memaksakan kehendak saya itu bagi orang lain yang mungkin mempunyai
standar pakaian yang lebih longgar dari pada saya. Tetapi demikian pun
saya tidak akan membiarkan seseorang bertelanjang di jalan-jalan umum atau
berpakaian sangat minim yang menurut umum akan tidak baik bagi
keselamatannya atau harga dirinya atau menimbulkan akibat-akibat yang
tidak baik di masyarakat. Hal itu sudah masuk ke dalam kategori vulgar
menurut saya dan umum.

Ada sebuah hadits yang memerintahkan kepada umat Islam untuk merubah
kemungkaran ketika mereka melihatnya. Kita mungkin tidak bisa memaksakan
standar yang lebih tinggi kepada umat, tetapi kita diperintahkan untuk
mencegah standar yang sangat rendah sehingga merendahkan martabat manusia.
Kevulgaran itu adalah standar yang sudah sangat rendah yang menurut saya
seharusnyalah dicegah.

Standar nilai dalam suatu masyarakat mungkin bisa berbeda-beda. Standar
nilai di Barat mungkin tidak sama dengan di Timur. Di Barat mungkin
berjalan-jalan dengan bertelanjang seperti di tempat2 nudis dianggap
biasa. Tetapi hal itu tidak biasa di Timur sini. Juga berhubungan seks
sebelum nikah mungkin juga biasa di Barat. Sedangkan di Timur yang masih
kuat berpegang kepada agama jelas-jelas tidak boleh. Pergaulan dunia yang
semakin mengglobal mungkin membuat suatu komunitas berusaha mempengaruhi
komunitas yang lain. Kita bisa lihat nilai-nilai di Timur semakin
dipengaruhi oleh nilai-nilai Barat melalui transfer budaya dan informasi
dari Barat ke Timur. Terjadi pergeseran nilai di Timur menuju ke arah yang
lebih bebas dan longgar. Dan pornografie adalah agen perubahan nilai-nilai
di Timur ke arah yang lebih bebas seperti di Barat. Ke arah kebebasan seks
yang lebih liberal.

Sebagai seorang muslim, saya masih meyakini terhadap konsep dosa. Dosa
bukanlah sekedar perbuatan yang dilarang oleh agama karena alasan pahala
atau siksa neraka di akhirat nanti. Tetapi perbuatan dosa saya yakini
mempunyai sifat yang merusak (jiwa dan fisik) baik kepada individu maupun
masyarakat luas. Atas dasar keyakinan saya inilah saya berusaha untuk
melindungi diri saya, keluarga saya, masyarakat saya sejauh-jauhnya dari
perbuatan dosa. Terkait dengan pornografie, saya ingin menjauhkan keluarga
dan masyarakat saya dari dosa zina. Sebelum masyarakat ini rusak dan
mempunyai penyakit sosial yang parah.

Adapun Inul dan kawan-kawannya itu saya pandang sudah melakukan gerakan
aksi yang vulgar. Ngebor, kayang, vibrator, dlsb. Al-Qur?an sudah melarang
muslimah yang beriman untuk menghentak-hentakan kakinya agar tampak
?perhiasan? yang mereka sembunyikan. Sedangkan yang Inul dkk lakukan itu
sudah lebih dari menghentak-hentakan kakinya dan memperlihatkan semua
perhiasannya di hadapan penonton laki-laki. Ya ?maaf- bokongnya,
pinggulnya, bagian depannya, dadanya, semua bagian tubuhnya.
Bergerak-gerak dengan gerakan cabul dan tidak senonoh. Mereka sudah tidak
mempunyai lagi rasa malu yang seharusnya menjadi mahkota wanita Timur dan
muslimah. Gerakan semacam itu jika ditayangkan di TV sudah masuk dalam
kategori pornografie. Sedangkan jika ditunjukkan secara langsung sudah
masuk ke dalam kategori pornoaksi. Sudah dapat dikategorikan ke dalam
tarian porno / cabul.

Apakah saya ingin menyamakan preferensi saya dengan orang lain? Terhadap
hal yang vulgar, maka saya insya Allah akan selalu menentang semampu saya.
Dan bagi yang mempunyai preferensi kebebasan sampai hal-hal yang vulgar,
kita memang tidak akan bisa bertemu. Sebetulnya saya bisa cuek saja dengan
preferensi manusia yang suka kevulgaran itu, tetapi karena kesukaan mereka
itu saya nilai sudah mengancam moral dan akhlaq anak-anak saya serta
generasi muda Indonesia di masa yang akan datang, maka saya terpaksa
menentangnya dan melarang kesenangan mereka sampai batas yang tidak
mengancam (kalau memungkinkan).

Salam,

"Ari Condro" <[EMAIL PROTECTED]>
Sent by: wanita-muslimah@yahoogroups.com
05/12/2006 09:56 AM
Please respond to
wanita-muslimah@yahoogroups.com

wanita-muslimah@yahoogroups.com
cc

Subject
Re: [wanita-muslimah] Re: Rengeng-Rengeng: RUU APP 2006 ... Weleh

kang wida sebenarnya punya pemikiran yg kontradiktif ttg RUU APP 2006.

1. di saat yg sama mengatakan kalau tidak akan mengusik orang yg punya
gaya
berpakaian beda, namun pada saat yg sama tidak setuju dengan inul dan
pameran seni kemarin.

pertanyaan saya sebenarnya sederhana, kalau orang yg berbeda ini  juga
suka
pertunjukan ala inul dan pemeran seni (tapi tidak suka vcd porno dan
majalah
porn bertebaran di jalan), berarti anda sudah berusaha mendikte preferensi
orang lain dong ?

pada saat yg sama anda tidak ingin mengatur orang lain, di saat itu pula
anda ingin preferensi orang lain sma dengan anda.  sebenernya hal ini
lebih
relevan untuk dibedah, daripada masalah filtering di dunia cyber lho ....
(soalnya kalau dunia cybernya udah dibikin aturan gak boleh iklan, gak
boleh
spam, dan yg bisa akses hanya yg udah usia tertentu dan harus bayar, ya
harusnya ini sudah mencukupi).

salam,
Ari Condro