Kita mungkin sulit meletakkan beberapa informasi yang kita terima itu
dalam kerangka waktu, mana yang lebih dulu dari perkataan nabi ini dan
itu. Sehingga menunjukkan urutan dari status nikah Mut'ah itu.

Ya, namanya juga teori, masih mengandung kemungkinan. Mengenai posisi nabi
saya yakin bahwa banyak sekali sahabat yang taat kepada nabi. Tetapi ada
juga yang tidak taat kepada nabi. Definisi sahabat dalam kisah nabi
bukanlah seorang yang dekat dengan nabi, tetapi seorang yang hidup sezaman
dengan nabi dan berjumpa dengannya dan tidak menentang dirinya. Yang
sering kita dengar dari nama para sahabat itu kan hanya sedikit, paling
banter 60 orang, Mekkah-Madinah. Sedangkan penduduk Mekkah-Madinah kan
jauh lebih banyak dari angka itu? Belum lagi kabilah-kabilah di luar
Mekkah-Madinah yang kemudian menyatukan diri di zaman Khulafaur Rasyidin.
Jadi wajar khan kalau ada sahabat atau kabilah yang baru di zaman Umar
yang belum bisa taat dalam masalah ini? Apakah nabi gagal dalam misinya?
Apakah hal ini bisa kita gunakan untuk menilai nabi gagal atau berhasil
dalam misinya?

Salam,

"Chae" <[EMAIL PROTECTED]>
Sent by: wanita-muslimah@yahoogroups.com
05/24/2006 01:01 PM
Please respond to
wanita-muslimah@yahoogroups.com

wanita-muslimah@yahoogroups.com
cc

Subject
[wanita-muslimah] Re: Nikah Mut'ah

Pak Wida,

Jika memang memang para sahabat banyak yang mengabaikan "perintah"
Nabi berkenaan larangan nikah mut'ah lalu mengapa para sahabat harus
bertanya kepada Nabi untuk melakukan pengkebirian yang ditolak Nabi
kemudian justru menginstruksikan nikah mut'ah sebagai solusi??

Jika para sahabat telah mengetahui bahwa bahwa nikah mut'ah dilarang
tapi mereka tetap "nakal" lalu mengapa Umar ra mengatakan bahwa ada 2
mut'ah yang berlaku di zaman Nabi tapi dilarang pada saat dia menjadi
khalifah??

Apa yang Pak Wida ungkapkan dgn teori "membandelnya para sahabat" dan
susayahnya mengikir budaya yg sudah mengakar" masih berlandaskan aji
mengira-ngira.

Dus, jika berdasarkan teori Pak Wida apakah posisi Nabi belum
sepenuhnya berpengaruh kepada sikap para sahabat?? apakah Nabi gagal
dalam misinya??

--- In wanita-muslimah@yahoogroups.com, [EMAIL PROTECTED] wrote:

> [...]
> Please respond to
> wanita-muslimah@yahoogroups.com

> wanita-muslimah@yahoogroups.com
> cc
>
> Subject
> [wanita-muslimah] Re: Nikah Mut'ah
>

> --- In wanita-muslimah@yahoogroups.com, "Chae" <chairunisa_mahadewi@>

> Hihihi ... never start discussions without google...:D
> Saya sih sebenarnya gak tau banyak, masalah mut'ah ini pernah sih tau
> beberapa taun silam sewaktu aktif di PmB, tapi karena kapasitas
memorinya
> terbatas, dan gak rapih nyimpen arsip ... jadi blank lagi deh..
untung ada
> mbah google :D

> Terima kasih kembali, karena thread ini saya jadi pontang-panting nyari
> resources.  Walaupun bab kawin mut'ah ini gak bakalan pernah saya
pake :D

> Ketika menghalalkan mut'ah yg ke dua kalinya, mungkin teh Chae sudah
sama2
> mafhum, kalau saat itu ada pernyataan dari prajurit (perang autas)
untuk
> berkebiri... haditsnya sudah pernah saya dan teh Chae tulis kan?.  Kalo
> untuk kasus yg lainnya (pelarangan/pembolehan) saya benar2 blank...
mbah