Menurut saya, pemerintah dan orang Indonesia umumnya, terlalu meremehkan mbak marijan. Bukankah mbak marijan mengatakan bahwa dia telah dipercaya untuk menjaga (baca merawat) gunung merapi. Bukankah tidak "profesional" kalau mbah marijan buru-buru pergi sementara gunung merapi masih "memberi tanda-tanda". Seperti halnya kapten kapal yang paling akhir menyelamatkan diri, barangkali begitu juga yang dipikir mbah marijan.

  Tentu saya tidak akan mengatakan kita tidak peduli dengan mbah marijan. Tapi, cobalah melihat situasi ini dari kaca mata mbah marijan dan warga sekitar gunung merapi.

  Pemerintah terkesan ingin gampangnya aja. Warga disuruh mengungsi agar nanti tidak menjadi korban, yang nantinya akan membuat pemerintah dianggap lalai memberi peringatan.

  Tetapi apakah pemerintah benar-benar memperhatikan warga yang mengungsi, barangkali kita tahu sendiri jawabannya. Wajar kalau warga enggan mengungsi. Belum apa-apa sudah menderita duluan dipengungsian.

  Chae <[EMAIL PROTECTED]> wrote:
  Kalau saya pribadi sih masih bisa menerima hal-hal mistik, walau
sebenarnya enggak pernah bisa memhami masalah mistik.

Soal Mbah Maridjan, kemarin sempat baca-baca dari detik sama kompas.
Ternyata unik juga ketika masyarakat memahami fenomena alam dalam
kerangka mitos atau kata Mba Mia sih disebut local wisdom.

Mitos Mbah Petruk seakan-akan mempersatukan keberadaan manusia dengan
fenomena alam, tali merah yang dipercaya sebagai pertanda mulai nya
hajatan Mbah petruk juga cambuk kilat diatas puncak dan terakhir
wedhus gembel seakan-akan menjadi tool yang lebih dipahami dan efektif
sebagai warning system.

Belum lagi penghormatan kepada Mbah Petruk sebagai penguasa merapi
memberikan suatu pemahaman pada masyrakat sekitar Merapai bahwa
Meletusnya gunung merapi bukan akhir segalanya tapi justru awal dari
suatu harapan baru yang lebih baik.

Untuk itu masyarakat di sekita merapi katanya dilarang mengatakan
gunung meletus tapi lebih ditekankan kata "hajatan" Mbah Petruk.

--- In wanita-muslimah@yahoogroups.com, "sarinesia" <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> ya sih.. aku pribadi masih sulit untuk mempercayai hal2 yg berbau
> mistik. tapi sodaraku yg dokter ketika bapaknya patah tulang malahan
> dibawa ke "sangkal putung" ... bingung juga aku.

        Women   Different religions beliefs   Islam     Muslimah   Women in islam