Oh oh oh.. sudahlah sudahlah.. qul kulluy ya'malu 'ala syaakilatih (Qur`an)
Kullun muyassarun lima khuliqa lah (hadis)

Mas Bejo,
Tidak usah dibawa-bawa statemen al-qur`an makhluk atau bukan makhluk itu
kecuali kalau ingin membahasnya secara mendalam lengkap dengan argumen2 dan
dalil-dalilnya. Kita sudah tahu, pembahasan itu merupakan sumber fitnah di
masa lalu yang tidak ada untungnya sama sekali. Justru Imam Ahmad yang
menjadi korbannya. Dan setelah itu, kita tidak mendapatkan apa-apa dari
pembahasan itu selain sejarah yang luka. Masih banyak hal penting di dunia
ini yang bisa dibahas dan dikerjakan daripada mengurus persoalan itu.

Wassalam..

Aman