Mba Ani,
Motonya dulu kalau tidak salah "Hormatilah yang tidak berpuasa, karena puasa
hanya diwajibkan bagi orang-orang yang beriman". Saya kebetulan sudah jadi
anggota WM di bulan puasa - entah tahun berapa ketika moto ini muncul.

Di Al Baqarah 183 kan bunyinya begitu, tidak semua orang diwajibkan puasa,
hanya yang beriman saja yang wajib berpuasa.  Jadi bulan puasa ada ketetapan
restoran ditutup itu jadi aneh, selain orang beriman yang berpuasa di
ayat-ayat berikutnya di Al Baqarah itu kan ada ketentuan bahwa orang yang
sakit, yang sedang melakukan perjalanan (musafir) tidak wajib puasa, mereka
bisa tidak puasa dan menggantinya di di hari lainnya.  Ada juga wanita yang
sedah haid atau menyusui, mereka tidak perlu berpuasa kan? ada juga aturan
tentang fidyah selain mengganti puasa, dll.  Jadi di satu lokasi atau kota,
bisa saja terjadi ada sekelompok orang yang tidak berpuasa, dan diantara
mereka mungkin saja memerlukan makanan di restoran, jadi kenapa harus
ditutup?

Puasa itu kan ibadah yang sangat pribadi/ personal sifatnya - yang tahu
seseorang berpuasa atau tidak itu hanya pelaku puasa itu dan Allah, sebab
tidak ada seseorang yang bisa terus mengawasi orang yang berpuasa lainnya
bisa tahu persis apakah puasanya batal atau tidak, misalnya bisa saja sambil
wudu sambil menelan air wudunya ketika berkumur-kumur ..:)

Puasa kan latihan untuk mengendalikan diri, kalau terbiasa di satu kampung
yang semua tukang dagang/ restoran/ rumah makan/ warung tutup yang katanya
menghormati puasa, maka ketika kita ada di satu negara yang mayoritas tidak
berpuasa karena non muslim, restoran dan kehidupan lainnya berjalan seperti
biasa, tidak ada restoran yang ditutup, apa kita yang berpuasa menjadi
tergoda dan membatalkan puasanya lalu marah memaki orang yang dianggap tidak
menghormati orang yang berpuasa? Justru puasa itu untuk mengendalikan diri,
tahap awalnya mengendalikan diri dari makanan, minuman, aktivitas sex selama
waktu puasa, lalu tahap berikutnya mengendalikan diri dari perkataan kotor,
berfikir kotor, berhati kotor, dll - jadi bukan sekedar melaparkan diri,
begitu kan mba Ani?

Istrinya mas Sabri itu dan mas Sabri-nya juga adalah orang-orang hebat, yang
banyak ngurusin atau punya kepedulian tinggi terhadap umat Islam yang
teraniaya atau termarginalkan, mungkin di milis suka becanda tapi mereka
berdua ini orang yang tidak sekedar ngomong atau nulis di milis, mereka itu
terjun langsung di kehidupannya nolong orang lain.

Itu sebabnya mba Ani, kadang-kadang saya ketawa sendiri jika di milis WM
atau milis lainnya, ada orang yang sepertinya sangat suci dan nyaris berlaku
seperti Tuhan menilai manusia lainnya dengan sebutan buruk sambil tidak tahu
kehidupan orang yang dimakinya, kebetulan saya tahu sedikit-sedikit tentang
mereka, tapi seperti kasus istrinya mas Sabri yang juga anggota WM ini, saya
tidak bisa ngasih tahu namanya, ini adalah wewenang yang bersangkutan, yang
jelas blio ini orang yang tidak hanya terkenal di Indonesia, sudah di
tingkat internasional.

salam
Aisha
From: "suryani" <[EMAIL PROTECTED]>