ANGIN TASIK

  12. MERAPI BULAN MEI

  bulan ini awan menjadi merah dan panas membara
  memanggang angkasa  dan angin semilir
  mengancam anakku perempuan girang bermain sepeda
  maka terasa ada damak beripuh menancapi  hulu hatiku

  bulan ini ada lahar berapi membakar langit
  ajal liar bermain di pekarangan dan atap-atap kampung
  ajal turun dari merapi
  turun dari puncak gunung

  memandang langit petang
  langit pagi dan siang
  memandang atap demi atap
  aku bertatapan dengan duka selalu tiba mendadak

  sangat terasa lalu kembaraku kembara tak pernah mendapatkan ujung
  merangkaki jatuh bangun tebing-tebing rahasia tak pernah terjangkau
  ajal menyergap di tiap tikung menguji dan menempa ketahanan cinta
  menanyai diri: benarkah aku anak manusia tak boleh jeda bertarung?!

  Paris, 2006.

Galang Dana Untuk Korban Gempa Yogja melalui Wanita-Muslimah dan Planet Muslim. Silakan kirim ke rekening Bank Central Asia 421-236-5541 atas nama RETNO WULANDARI.

Mari berlomba-lomba dalam kebajikan, seberapapun yang kita bisa.