Saya lengkapi.
Bantuan asing bagi korban bencana di Aceh dan Yogya
itu  datang dari berbagai pihak. Ada yang dari
pemerintah dan banyak pula dari perorangan dan
organisasi kemasyarakatan antara lain organisasi
gereja.

Nah, dalam hal bantuan dari organisasi gereja ini
tentu saja tak dapat tidak terkadang terlihat logo,
atau simbol atau semboyan organisasi bersangkutan
seperti tanda salib dan lainnya. Saya kira bagi korban
bencana yang sangat memerlukan bantuan, semua ini
tidak jadi persoalan sebab yang lebih penting bagi
mereka adalah pertolongan.

Yang mencak-mencak itu kan mereka yang maunya supaya
dikeluarkan peraturan agar semua bantuan asing itu
disalurkan melalui mereka. Supaya logo mereka yang
terlihat dimana-mana dalam rangka kampanye dakwah.
Mana mau orang asing itu begitu. Mereka ingin
memastikan bantuan mereka diterima oleh korban musibah
yang memang benar-benar dalam keadaan mengenaskan,
bukan dimanfaatkan orang lain. Dan jangan lupa pula
citra Indonesia itu sudah terlanjur cemar sebagai
salahsatu negara ter-korup di dunia. Bantuan Bank
Dunia untuk rakyat miskin saja, yang ada pembukuannya,
konon 30 persen mengirap entah kemana.

Dan mereka tentu saja menginginkan agar para korban
tidak lupa siapa yang telah menolong, bukan santai
saja bersikap tak peduli tanpa rasa terimakasih dengan
mengatakan Allah (walau memang benar Tuhan-lah yang
telah menggerakkan hati nurani orang-orang asing itu
hehehe).  Jangan karenanya ketika nanti ada
demonstrasi  ke kedutaan mereka, orang-orang yang
mereka tolong itu, karena mengira yang membantu mereka
adalah orpol yang menggerakkan demo, ikut-ikutan
melemparkan batu sebesar tinju ke kedutaan mereka
hehehehe ....

-------
Itu lebih baik lagi Bang Wida...
Umat Islam memang harus menjadi contoh perilaku yang
"rahmatan lil 'alamin"...

Sangat setuju...

Salam
Ary