Pak Gede Prama ini seorang motivator, tetapi kata-katanya seperti Aa Gym.
Mungkin boleh disebut Gede Prama itu adalah Aa Gym nya Hindu. 8-)

Hikmah (kebaikan) bisa datang dari siapa saja.

----- Forwarded by Wida Kusuma/JJ0269/JOC/ID on 07/11/2006 04:01 PM -----

Orang Brengsek Guru Sejati,
oleh : Gede Prama

Entah apa dan di mana menariknya, Bank Indonesia amat senang mengundang
saya untuk menyampaikan
presentasi dengan judul Dealing With Difficult People. Yang jelas, ada
ratusan staf bank sentral ini yang demikian
tertarik dan tekunnya mendengar ocehan saya. Motifnya, apa lagi kalau
bukan dengan niat untuk sesegera
mungkin jauh dan bebas dari manusia-manusia sulit seperti keras kepala,
suka menghina, menang sendiri,
tidak mau kerja sama, dll.

Di awal presentasi, hampir semua orang bernafsu sekali untuk membuat
manusia sulit jadi baik. Dalam
satu hal jelas, mereka yang datang menemui saya menganggap dirinya bukan
manusia sulit, dan orang
lain di luar sana sebagian adalah manusia sulit.

Namun, begitu mereka saya minta berdiskusi di antara mereka sendiri untuk
memecahkan persoalan
kontroversial, tidak sedikit yang memamerkan perilaku-perilaku manusia
sulit. Bila saya tunjukkan perilaku
mereka; seperti keras kepala, menang sendiri, dll dan kemudian saya tanya
apakah itu termasuk perilaku manusia
sulit, sebagian dari mereka hanya tersenyum kecut.

Bertolak dari sinilah, maka sering saya menganjurkan untuk membersihkan
kaca mata terlebih dahulu,
sebelum melihat orang lain. Dalam banyak kasus, karena kita tidak sadar
dengan kotornya kaca mata maka
orangpun kelihatan kotor. Dengan kata lain, sebelum menyebut orang lain
sulit, yakinlah kalau bukan
Anda sendiri yang sulit.

Karena Anda amat keras kepala, maka orang berbeda pendapat sedikit saja
pun jadi sulit.
Karena Anda amat mudah tersinggung, maka orang yang tersenyum sedikit saja
sudah membuat Anda jadi
kesal.

Nah, pembicaraan mengenai manusia sulit hanya boleh dibicarakan dalam
keadaan kaca mata bersih dan
bening. Setelah itu, saya ingin mengajak Anda masuk ke dalam sebuah
pemahaman tentang manusia sulit.

Dengan meyakini bahwa setiap orang yang kita temui dalam hidup adalah guru
kehidupan, maka guru
terbaik kita sebenarnya adalah manusia-manusia super sulit. Terutama
karena beberapa alasan.

Pertama, manusia super sulit sedang mengajari kita dengan menunjukkan
betapa menjengkelkannya mereka.
Bayangkan, ketika orang-orang ramai menyatukan pendapat, ia mau menang
sendiri.
Tatkala orang belajar melihat dari segi positif, ia malah mencaci dan
menghina orang lain.
Semakin sering kita bertemu orang-orang seperti ini, sebenarnya kita
sedang semakin diingatkan untuk
tidak berperilaku sejelek dan sebrengsek itu.

Saya berterimakasih sekali ke puteri Ibu kost saya yang amat kasar dan
suka menghina dulu.
Sebab, dari sana saya pernah berjanji untuk tidak mengizinkan
putera-puteri saya sekasar dia kelak.
Sekarang, bayangan tentang anak kecil yang kasar dan suka menghina,
menjadi inspirasi yang amat
membantu pendidikan anak-anak di rumah. Sebab, saya pernah merasakan
sendiri betapa sakit hati
dan tidak enaknya dihina anak kecil.

Kedua, manusia super sulit adalah sparring partner dalam membuat kita jadi
orang sabar. Sebagaimana
sering saya ceritakan, badan dan jiwa ini seperti karet. Pertama ditarik
melawan, namun begitu sering ditarik
maka ia akan longgar juga. Dengan demikian, semakin sering kita dibuat
panas kepala, mengurut-urut dada,
atau menarik nafas panjang oleh manusia super sulit, itu berarti kita
sedang menarik karet ini ( baca : tubuh dan
jiwa ini ) menjadi lebih longgar ( sabar ).

Saya pernah mengajar sekumpulan anak-anak muda yang tidak saja amat
pintar, namun juga amat rajin
mengkritik. Setiap di depan kelas saya diuji, dimaki bahkan kadang
dihujat. Awalnya memang membuat
tubuh ini susah tidur. Tetapi lama kelamaan, tubuh ini jadi kebal.

Seorang anggota keluarga yang mengenal latar belakang masa kecil saya,
pernah heran dengan cara saya
menangani hujatan-hujatan orang lain. Dan gurunya ya itu tadi,
manusia-manusia pintar tukang hujat di atas.

Ketiga, manusia super sulit sering mendidik kita jadi pemimpin jempolan.
Semakin sering dan semakin
banyak kita memimpin dan dipimpin manusia sulit, ia akan menjadi
Universitas Kesulitan yang
mengagumkan daya kontribusinya. Saya tidak mengecilkan peran sekolah
bisnis, tetapi pengalaman
memimpin dan dipimpin oleh manusia sulit, sudah terbukti membuat banyak
sekali orang menjadi
pemimpin jempolan. Rekan saya menjadi jauh lebih asertif setelah dipimpin
lama oleh purnawirawan
jendral yang amat keras dan diktator.

Keempat, disadari maupun tidak manusia sulit sedang memproduksi kita
menjadi orang dewasa. Lihat
saja, berhadapan dengan tukang hina tentu saja kita memaksa diri untuk
tidak menghina balik. Bertemu
dengan orang yang berhobi menjelekkan orang lain tentu membuat kita
berefleksi, betapa tidak enaknya
dihina orang lain.

Kelima, dengan sedikit rasa dendam yang positif manusia super sulit
sebenarnya sedang membuat kita
jadi hebat. Di masa kecil, saya termasuk orang yang dibesarkan oleh
penghina-penghina saya. Sebab,
hinaan mereka membuat saya lari kencang dalam belajar dan berusaha. Dan
kemudian, kalau ada
kesempatan saya bantu orang-orang yang menghina tadi. Dan betapa besar dan
hebatnya diri ini
rasanya, kalau berhasil membantu orang yang tadinya menghina kita.

***
Sumber :
Orang Brengsek Guru Sejati,
oleh : Gede Prama

Galang Dana Untuk Korban Gempa Yogya melalui Wanita-Muslimah dan Planet Muslim.
Silakan kirim ke rekening Bank Central Asia KCP DEPOK No. 421-236-5541 atas
nama RETNO WULANDARI.

Mari berlomba-lomba dalam kebajikan, seberapapun yang kita bisa.