Ya jelas pemimpin negara2 seperti Mesir, Saudi, UEA, Bahrain,  Irak, Kuwait,
Otoritas palestina menentang tindakan Hezbollah dan Hamas karena sudah teracuni
Gazwul Fikri Yahudi dan Konco2nya (USA dan Eropa)

Lina Dahlan <[EMAIL PROTECTED]> wrote:          Kalau melihat pernyataannya
sekjen Liga Arab tsb bhw proses
perdamaian telah gagal, kalau DK PBB gagal mengeluarkan resolusi (pd
kasus Lebanon) karena hak veto AS (sperti yang terjadi pada
Palestina), maka Liga Arab tak bertanggung jawab lagi kalau banyak
timbul teroris....gitu ya?. Wah mulai perang gerilya neh?

Yang aneh adalah kalau 9 negara arab itu menyalahkan Hezbollah krn
gak berkoordinasi dengan pemerintahan Lebanon, lho kok pemerintahan
Lebanon sendiri mendukung Hezbollah?? Mestinya pemerintah Lebanon
aja yang ngomong minta dukungan di sidang tsb, Hezbollah diem
aja...:-)

wassalam,

--- In wanita-muslimah@yahoogroups.com, Dodik S <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> ada yang bisa memberikan pendapat?
>
> Liga Arab Tidak Kompak Hadapi Israel Cairo, Kompas - Sikap
negara-negara Arab dalam sidang tingkat menteri luar negeri Liga
Arab, Sabtu (15/7) di Cairo, terpecah menghadapi agresi Israel ke
Lebanon dan Jalur Gaza (Palestina). Sidang Liga Arab menyatakan,
proses perdamaian di Timur Tengah telah gagal. Upaya penyelesaian
politik telah mati. Sidang Liga Arab tersebut digelar di tengah
agresi Israel ke Lebanon Selatan dan Jalur Gaza yang membawa korban
warga sipil dalam jumlah besar serta menghancurkan infrastrukturnya.
Israel melakukan serangan menyusul penyanderaan seorang tentara
Israel oleh pejuang Palestina akhir Juni lalu di Jalur Gaza dan dua
tentara Israel oleh Hezbollah pekan lalu. Liga Arab berhasil
mengeluarkan tiga keputusan, yaitu keputusan menyangkut Lebanon,
Palestina, dan isu proses perdamaian di Timur Tengah. Dalam sidang
itu, negara-negara Arab terpecah menghadapi isu Lebanon dan
Palestina. Mesir, Jordania, Arab Saudi, Kuwait, Irak, Uni Emirat
> Arab, Bahrain, dan Otoritas Palestina menyalahkan Hezbollah.
Mereka mengatakan bahwa aksi Hezbollah tidak bertanggung jawab dan
dilakukan dalam waktu yang tidak tepat. Hezbollah seharusnya
koordinasi dengan Pemerintah Lebanon, apalagi aksi Hezbollah bisa
membawa kawasan ke perang besar. Suriah, Lebanon, Yaman, dan
Aljazair mendukung sepenuhnya Hezbollah yang dinilai sebagai aksi
yang sah dan tidak bertentangan dengan piagam PBB. Bahkan dikatakan,
aksi Hezbollah sesuai dengan resolusi PBB dalam konteks perlawanan
senjata untuk pembebasan dari pendudukan. Suriah secara khusus
menuduh pihak yang mengkritik Hezbollah dan Hamas mewakili
kepentingan AS dan Israel yang akan merugikan kepentingan dunia
Arab. Ada sejumlah negara Arab yang bersikap netral seperti
Maroko, Sudan, dan Libya. Menurut kelompok ini, Hezbollah tidak
melakukan tindakan kriminal ketika menyandera dua tentara Israel,
tetapi hendaknya Hezbollah melakukan koordinasi dengan Pemerintah
Lebanon agar posisinya
> tidak sulit di depan masyarakat internasional.
Menlu "berantam" Pada sidang tertutup, sempat terjadi adu mulut
antara Menlu Arab Saudi Pangeran Suud al-Faisal dan Menlu Suriah
Walid al-Muallim. Perdebatan itu terjadi setelah Menlu Muallim
meminta dunia Arab mendukung Hezbollah dan Hamas. "Saya datang ke
sidang Liga Arab ini dengan mimpi bahwa dunia Arab akan mendukung
Hezbollah dan Hamas sebagai gerakan perlawanan yang sah. Namun, saya
terkejut dengan perbedaan atas Hezbollah," kata Muallim dalam sebuah
sambutannya. Menlu Suud al-Faisal tak pelak lagi langsung
menimpali sambutan Menlu Suriah tersebut dengan mengatakan, itu
adalah impian setan. Menlu Kuwait Muhammad al-Sobah mengatakan,
impian Menlu Suriah itu impian bunga mawar. Sobah menyatakan, dunia
Arab sekarang tidak mampu memikul aksi spekulatif yang dilakukan
tanpa perhitungan. Kepala Biro Politik PLO Farouk Kaddumi yang
memimpin delegasi Palestina mengatakan, Palestina tidak menginginkan
pemerintahan
> negara-negara Arab lebih masuk terperangkap Israel. "Palestina
hanya menginginkan dukungan politik dan materi saja," tambah
Kaddumi. Inisiatif perdamaian mati Sekjen Liga Arab Amr Mousa,
Sabtu, mengatakan, semua inisiatif perdamaian di kawasan telah
gagal. Harapan sekarang ini ada di pundak Dewan Keamanan (DK) PBB.
Mousa mengancam, jika DK PBB gagal memikul tanggung jawabnya, maka
jangan lagi nanti ada seseorang yang menyalahkan kita atau berbicara
tentang teroris. "Karena kita sudah tidak bertanggung jawab lagi
atas apa yang akan terjadi," kata Mousa. Sekjen Liga Arab itu
menambahkan bahwa DK PBB telah gagal mengeluarkan resolusi tentang
gencatan senjata di Palestina karena ada veto AS dan hal yang sama
akan terjadi pada Lebanon. "Karena itu, kami sepakat menetapkan
bahwa proses perdamaian telah gagal." Ia menuduh Israel dan
kekuatan lain untuk menjauhkan DK PBB agar tidak ikut campur dalam
urusan Timur Tengah. Mousa juga menuduh, sebuah kekuatan adidaya
telah
> menyerahkan inisiatif proses perdamaian pada Israel yang membawa
dampak situasi buruk di kawasan ini sekarang. (MTH)

Galang Dana Untuk Korban Gempa Yogya melalui Wanita-Muslimah dan Planet Muslim.
Silakan kirim ke rekening Bank Central Asia KCP DEPOK No. 421-236-5541 atas
nama RETNO WULANDARI.

Mari berlomba-lomba dalam kebajikan, seberapapun yang kita bisa.