Mba Lina ini lugu dan kadang jadi nggak konsisten, karena jauhnya
realitas obyektif dan tafsiran hukum fiqh.

Memangnya sikon di Arab Saudi gimana? Dan ulama Yusuf Qardhawi
merestui misywar sirri ini karena konteksnya cocok?

Kita maklum bahwa posisi ulama seperti Yusuf Qardhawi adalah
mewakili sebagian ummat, yaitu fiqh-oriented (termasuk yang status
quo seperti Saudi).  So leave him alone in this case. He's just
doing his job.

Tapi bagaimana situasi sosial Saudi berkenaan dengan kesetaraan laki-
laki dan perempuan?  Dan misywar sirri ini mewakili kepentingan
siapa? Apa komentar mba Lina ttg ini?

Negosiasi harga dan waktu harus diharamkan? Says who?  Bukannya
jenis mut'ah pake waktu.  Harga kenapa nggak dianggap sebagai mahr?

Poinnya adalah, di Indonesia bukan soal fiqh atau hukum fiqh.
Karena saya prediksi, kalau ada pengharaman kawin kontrak itu bukan
datangnya dari ulama kita, kecuali ulama sekuler.  Emangnya mereka
berani beda dengan Yusuf Qardawi dll?  Emangnya fiqh dimengerti
sebagai sesuai dg konteks?  No, fiqh status quo cenderung pada
konservatism.

Dan konservatism figh itu salah satu fenomenanya adalah
marjinalisasi perempuan, that's the point from mba Aisha, yang saya
implikasikan. Ini masalah gender dan patriarki bablas.

Fiqh Saudi semangatnya adalah konservatism yang membantu mengukuhkan
marjinalisasi perempuan.  Dan dimana posisi kita pada kawin kontrak
di Indonesia? Ada cultural hedonism, ada patriarki, ada import
Saudi, ada kesempatan. It's not simply hukum fiqh, because
realistically it may never happen.

Salam
Mia

--- In wanita-muslimah@yahoogroups.com, "Lina Dahlan"
<[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> Mengapa tidak boleh berharap? Fatwa itu kan bisa dibuat
berdasarkan
> [...]
> sikonnya.
>
> Yusuf AlQardhawi, dan para fuqaha lainnya tentu akan berpendapat
> sama ttg nikah bahwa sahnya nikah ditentukan oleh rukunnya yg
> terpenuhi or tidak. Nah kapan milih nikah misywar, sirri, dllnya
> perlu fatwa...karena bergantung sikon...:-). Misywar bisa
difatwakan
> di Arab krn sikonnya memang membutuhkan spt itu. Sama saja dengan
> poligami, bisa ditutup rapat dan bisa dibuka lebar...:-)
>
> Tapi kalo kawin kontrak ala puncak???? kok ada negosiasi harga dan
> waktu?? Apa ada rukun nikah spt itu? Itu harus dihentikan or

Lina ...

> kelompok
> kalo hasan

> tuk

Great things are happening at Yahoo! Groups.  See the new email design.
http://us.click.yahoo.com/TISQkA/hOaOAA/yQLSAA/aYWolB/TM

Galang Dana Untuk Korban Gempa Yogya melalui Wanita-Muslimah dan Planet Muslim.
Silakan kirim ke rekening Bank Central Asia KCP DEPOK No. 421-236-5541 atas
nama RETNO WULANDARI.

Mari berlomba-lomba dalam kebajikan, seberapapun yang kita bisa.