Mas wida,

Emang agendanya apaan, mas? :-) Apa jangan2 'ketakutan' thd 'agenda'
yg dilontarkan mas wida sebenarnya cuma prasangka negatif aja :-)

Feminisme itu hutan belantara sendiri, tidak bisa dianggap sbg suatu
kelompok pemikiran yg homogen. Kedua, feminisme adl 'makhluk' yg
berbeda dng 'agenda perempuan' yg menjadi bagian program dari lembaga2
funding, karena feminis sendiri punya kritik terhadap 'agenda' (atau
kegiatan, program, dsb) lembaga funding yg berkaitan dng pemberdayaan
perempuan secara umum :-) Sehingga keduanya tidak bisa disamakan.
Cuma, sebagian orang seringkali langsung menuduh dan memberi cap
negatif thd  kata feminis tanpa mengerti soal wacana feminisme-nya
sendiri. Sehingga, banyak orang2 spt mas Wida yg 'takut' (atau
berprasangka negatif) thd feminisme, 'agenda perempuan' dsb. Konon
katanya, prasangka itu berasal dari ketakutan/ketidaktahuan semata lho :-)

Saya cuma concern ttg tiga hal. Pertama, apakah mas wida setuju dng
adanya representasi perempuan atau tidak? Kedua, jangan naiflah :-)
Tidak semua laki2 (dan perempuan) spt mas Wida yg 'care' dng
urusan/kepentingan perempuan, terlebih dlm kondisi bencana. (walaupun
belum tentu saya setuju dng konsep 'care'nya mas wida secara umum,
kalau liat dari postingan2nya :-P). Ketiga, proses pemberian bantuan
dana tidak lepas dari elemen politik shg harus lebih dilihat sbg
sebuah 'arena pertempuran' beberapa kelompok2 dlm masyarakat yg punya
kepentingan masing2. Masalahnya kemudian adalah bagaimana kita
memilah2 hal ini, mana yg bermanfaat buat masyarakat (atau yg masih
'tolerable') mana yg tidak. Emangnya para elit lokal atau mereka yg
menerima bantuan tidak punya kepentingan juga (yg mungkin berbahaya
thd kelompok rentan -perempuan dan anak? :-) Sekali lagi, jangan naif!
:-) [saya pikir, saya orang yg paling naif sedunia, hehehe...]

wassalam,
herni

--- In wanita-muslimah@yahoogroups.com, [EMAIL PROTECTED] wrote:

Saya juga tidak menolak Feminisme atau menyetujuinya secara
keseluruhan lho... Menyangkut harkat dan perbaikan nasib perempuan
saya juga mendukung, tapi maaf hal ini mungkin beberapa subyektif
penilaian saya. Saya punya 3 orang anak gadis, bagaimana saya tidak
care dengan urusan mereka? Pendidikan mereka? Masa depan (dunia -
akhirat) mereka?

Hanya saja -maaf- mau memberikan sumbangan kepada rumah ibadah yang
hancur karena musibah kok pakai syarat yang ketat begitu? Terlepas apa
yang diusulkan itu baik semua bagi muslimah (kaum wanita), tetapi
rasanya jangan terlalu mengikat seperti itu bagi mereka yang terkena
musibah. Berikan saja dengan usulan itu, kan niatnya hendak menolong
musibah bukan? Bukan untuk memasukkan agenda nya bukan?

Salam,

Check out the new improvements in Yahoo! Groups email.
http://us.click.yahoo.com/6pRQfA/fOaOAA/yQLSAA/aYWolB/TM

Galang Dana Untuk Korban Gempa Yogya melalui Wanita-Muslimah dan Planet Muslim.
Silakan kirim ke rekening Bank Central Asia KCP DEPOK No. 421-236-5541 atas
nama RETNO WULANDARI.

Mari berlomba-lomba dalam kebajikan, seberapapun yang kita bisa.