Menurut Islam yang saya fahami, kesadaran tentang Taqdir adalah kesadaran
bahwa Tuhan adalah Maha Mengetahui. Ia Maha Mengetahui segalanya. Semua
peristiwa yang akan terjadi tidak ada yang luput dari pengetahuan Nya.
Bahkan dikatakan dalam al-Qur'an, tidak ada satu daun pun yang gugur yang
luput dari pengetahuan Nya. Pengetahuan Nya meliputi segala sesuatu, sejak
zaman azali hingga akhir zaman. Pengetahuan Tuhan itu disimbolkan dalam
al-Qur'an dalam bentuk Kitab Lauh Mahfuzh. Bahwa segala sesuatu telah
tertulis di sana.

"Tiada suatu bencanapun yang menimpa di bumi dan (tidak pula) pada dirimu
sendiri melainkan telah tertulis dalam kitab (Lohmahfuz) sebelum Kami
menciptakannya. Sesungguhnya yang demikian itu adalah mudah bagi Allah.
(Kami jelaskan yang demikian itu) supaya kamu jangan berduka cita terhadap
apa yang luput dari kamu, dan supaya kamu jangan terlalu gembira terhadap
apa yang diberikan-Nya kepadamu. Dan Allah tidak menyukai setiap orang
yang sombong lagi membanggakan diri, (yaitu) orang-orang yang kikir dan
menyuruh manusia berbuat kikir. Dan barang siapa yang berpaling (dari
perintah-perintah Allah) maka sesungguhnya Allah Dia-lah Yang Maha Kaya
lagi Maha Terpuji." (QS. 57: 22-24)

Sedangkan kita sebagai manusia tidak mengetahui takdir kita itu. Atau kita
sendiri tidak pernah tahu apa yang akan terjadi pada diri kita.
Pilihan-pilihan apa yang akan kita ambil. Bahkan kita tidak mengetahui
ujung dari akhir hayat kita, apakah bahagia atau celaka. Karena ketidak
tahuan kita akan takdir kita itulah, atau bagaimana kondisi akhir kita,
maka kita diminta untuk senantiasa berikhtiar berusaha menjadi baik.

Taqdir Tuhan, tidak menghilangkan pilihan bebas yang sudah diberikan
kepada manusia. Manusia tetap diberikan pilihan bebas untuk dia pilih.
Taqdir Tuhan hanyalah mengetahui bahwa seseorang akan memilih sesuatu dari
pilihan bebas yang dia miliki, tanpa mengurangi pilihan bebas yang
dimiliki manusia. Maka manusia tetap akan dimintai pertanggung jawabannya
atas pilihan yang ia ambil.

Manusia haruslah selalu berusaha menjadi baik sepanjang hayatnya. Tidak
takabur dan merasa sudah selamat karena banyaknya amal. Juga tidak
berputus asa akan celaka karena banyaknya dosa. Tetapi senantiasa berusaha
dan berharap. Karena kita tidak pernah tahu taqdir apa yang akan kita
terima di akhir hayat kita.

Nabi Muhammad berkata: "Seseorang senantiasa melakukan amalan ahli syurga
sehingga jarak antara syurga dan dirinya hanya sejengkal lagi, kemudian
catatannya (taqdirnya) mendahuluinya, kemudian ia melakukan amalan ahli
neraka, kemudian ia masuk neraka. Seseorang senantiasa melakukan amalan
ahli neraka sehingga jarak antara neraka dan dirinya hanya sejengkal lagi,
kemudian catatannya (taqdirnya) mendahuluinya, kemudian ia melakukan
amalan ahli syurga, kemudian ia masuk syurga."

Jadi senantiasalah berusaha, beramal baik dan berharap, agar kita
mempunyai akhir yang baik (husnul khatimah), yaitu beramal dengan amalan
ahli syurga kemudian masuk syurga, amien.

Salam,

"Mia" <[EMAIL PROTECTED]>
Sent by: wanita-muslimah@yahoogroups.com
07/27/2006 01:43 PM
Please respond to
wanita-muslimah@yahoogroups.com

wanita-muslimah@yahoogroups.com
cc

Subject
[wanita-muslimah] Re: Orang-orang teknik perlu belajar Ilmu Fiqh

Ahh...nabi aja nggak tau apa yang akan terjadi di masa depan.
Buddha aja nggak tau, tapi dia mengerti takdirnya.  Mengetahui masa
depan nggak sama dengan menyadari takdir.  Mempunyai kemampuan sixth
sense bukan berarti bisa meramal masa depan.

Mengetahui/meramal masa depan ----> ini ungkapan hiperbola untuk
meminimise resiko ketidaktentuan.  Quran bilang kabar langit dari
setan.

Menyadari takdir: masa lalu nggak pernah benar-benar berlalu. masa
depan telah terjadi sekarang. yang lalu dan yang akan datang menyatu
dalam kekinian.

salam
Mia

--- In wanita-muslimah@yahoogroups.com, "bmuncar" <[EMAIL PROTECTED]>
wrote:

> [...]
lalu
> mengatasnamakan atas izin Tuhan. Mengapa? Karena izin Tuhan
(maupun
> sebaliknya bantuan setan) tidak bisa diverifikasi. Namun itu tidak
> berarti saya tidak percaya ada orang yang bisa punya kemampuan
seperti
> itu. Nah, salah satu penjelasan yang menurut saya masuk akal
adalah
> jalan yang dilalui melalui meditasi dan sejenisnya.
>

> Saya setuju 100 persen bahwa takdir Tuhan pasti tidak terlaksana.
> Bagaimana tidak? Kalau tidak terlaksana bukan Tuhan, dong.

Galang Dana Untuk Korban Gempa Yogya melalui Wanita-Muslimah dan Planet
Muslim. Silakan kirim ke rekening Bank Central Asia KCP DEPOK No.
421-236-5541 atas nama RETNO WULANDARI.

Mari berlomba-lomba dalam kebajikan, seberapapun yang kita bisa.