Pak Wida jangan berlaku seperti orang kafir dong yang buta mata
telinga, mengingkari kebenaran.  Ini pernyataan yang sedikit
extreme, yang dikutip dari Quran. Maksutnya dont keep missing the
point, please read between the lines, gitu.

Poinnya apa?
- Apa buktinya bahwa cerita fiksi itu untuk menjelek-jelekkan rakyat
Palestina? Anda yang mempertanyakan, dalam hal ini anda kudu
membuktikan.

- Missing the point. Tentu saja sebagian besar perempuan Palestina
nggak dibakar hidup-hidup. Kalo iya berarti masyarakat itu udah
punah dari dulu.  Tapi kasus ekstrim ini mengilustrasikan yang umum
(konteks), bahwa perempuan diperlakukan seperti itu.

- Perlakuan seperti ini, membakar perempuan, memasung,
mendiskriminasi dll, dalam situasi Palestina yang sudah terlibat
dalam konflik berkepanjangan, paling sedikit mengilustrasikan
ketidakadilan bermasyarakat.  Dan apa inti dari masyarakat Islami?
Bukannya menegakkan keadilan? Dan urusan siapa ketidakadilan seperti
ini? Urusan perempuan aja? Masak iya?

salam
Mia