Sato:
Muhammad melarang umatnya makan daging babi yang dilarang Taurat maka
seharusnya dia juga melarang mereka makan daging unta, daging kelinci,
daging anoa, kodok-hijau, kura-kura, bengkarung dan kepiting. Rupanya dia
tidak mendengar sepenuhnya khotbah rabbi Yahudi mengenai daging yang haram
dimakan itu sehingga ayat daur-ulangnya tidak lengkap.
-------------------------------
HMNA:
Nama saya disebut-sebut Sato, jadi saya angkat bicara lagi memperbincangkan
ttg apa yang ditulis Sato seperti di atas: bukan daur ulang.
The Orientalists, among them Christian missionaries, attribute to Muhammad
an encyclopedic knowledge, indirectly saying that he knew all the sources -
Christian, Jewish, Zoroastrian, Hanif and ancient Arab beliefs - you name
it - before he could compile the Qur'ân. Ini rupanya yang mempengaruhi Sato,
sehingga ia menulis: "Rupanya dia tidak mendengar sepenuhnya khotbah rabbi
Yahudi". Sato di Makkah tidak ada Yahudi, tidak pernah dikunjungi rabbi
Yahudi yang berkhutbah.
Ini saya copy paste dari sebagian kecil makalah saya yang saya sajikan dalam
mujadalah (diskusi) bulanan di hadapan Majelis Para Muballigh IMMIM yang
diselenggarakan oleh DPP IMMIM, pada hari Sabtu, 3 Rajab 1427 H / 29 Juli
2006.
Orientalis, umumnya dari misionaris Kristian mengatakan bahwa sebelum Nabi
Muhammad SAW menyusun Al-Quran, beliau telah terlebih dahulu mengetahui
semua sumber dari Kristian, Yahudi, Zarathustra, Hanif, Arab Jahiliyah
(saying that he knew all the sources: Christian, Jewish, Zoroastrian, Hanif
and ancient Arab beliefs before he could compile the Qur'ân).

Ini dengan telak disungkurkan oleh Al-Quran:
-- WMA KNT TTLWA MN QBLH MN KTB WLA TKhThH BYMYNK ADzA LARTAB ALMZhLMWN
(S.AL'AKBWT, 29:48), dibaca:
-- wama- kunta tatlu- ming qablihi- min kita-bin wala- takhuththuhu-
biyami-nika izal larta-bal  mubthiluwn, artinya:
-- Dan kamu tidak pernah membaca sebelumnya sesuatu Kitabpun dan kamu tidak
menulis suatu Kitab dengan tangan kananmu; Andaikata (kamu pernah membaca
dan menulis), benar-benar (tetaplah) ragu orang yang mengingkari(mu).

Ayat (29:48) tersebut di atas itu menunjukkan bahwa apa yang dikemukakan
para Orientalis misionaris Kristian itu bahwa sebelum Nabi Muhammad SAW
menulis Al-Quran terlebih dahulu beliau telah membaca sumber-sumber dari
Kristian, Yahudi, Zarathustra, Hanif, Arab Jahiliyah, itu tidak masuk akal.
Kalau dalam makalah ini saya nyatakan saya tidak pernah membaca referenspun
sebelum saya tulis makalah ini dan juga saya nyatakan pula saya tidak pernah
menulis sebuah Seri-pun dalam kolom Harian Fajar, apakah para peserta
mujadalah ini akan percaya apa yang saya nyatakan itu? Tentu pembaca akan
mendustakan saya, karena dalam kenyataannya saya menulis dengan membaca
referens dan tidak benar bahwa saya tidak pernah menulis satu Seri-pun dalam
kolom Harian Fajar.

Demikian pula halnya, andaikata Nabi Muhammad SAW sebelum menyampaikan
Al-Quran membaca sumber-sumber dari Kristian, Yahudi, Zarathustra, Hanif,
Arab Jahiliyah, maka itu akan ketahuan karena beliau tidak pernah hidup
seorang diri bertapa di tempat yang terisolasi, berliau aktif
bersosialisasi. Andaikata apa yang dituduhkan oleh para Orientalis Kristian
itu benar, maka tatkala beliau menyampaikan ayat (29:48) kepada penduduk
Makkah, niscaya penduduk Makkah mendustakan ayat (29:48), dan akibatnya
sesudah ayat (29:48) itu dikemukakan kepada penduduk Makkah, maka tentu tak
seorang juapun yang akan mempercayai bahwa Al-Quran yang disampaikan Nabi
Muhammad SAW itu bersumber dari wahyu. Karena kenyataannya kaum elit
komunitas Makkah, seperti Abu Bakar, 'Umar, 'Utsman, 'Ali dll. tidak
menyatakan ayat (29:48) itu dusta, berarti Nabi Muhammad SAW tidaklah
menulis Al-Quran, dan tidaklah beliau telah membaca sumber-sumber dari
Kristian, Yahudi, Zarathustra, Hanif, Arab Jahiliyah, Al-Quran itu bukanlah
daur ulang dari sumber-sumber Kristian, Yahudi, Zarathustra, Hanif, Arab
Jahiliyah, melainkan bersumber dari wahyu yang diturunkan kepada Nabi
Muhammad SAW, baik melalui Malaikat Jibril AS, maupun secara langsung. .