Ini kenyataan yang menyedihkan. Kita tidak mempunyai konsep pendidikan
yang sesuai dengan kebutuhan dan perkembangan jiwa si anak. Anak terpaksa
harus belajar membaca dan berhitung ketika mereka masih TK. Kemajuan atau
kemunduran?

***

Saya dapet cerita dari guru TK anak saya minggu lalu..
Di SDN **** , calon siswa baru harus melalu beberapa test untuk
diterima. Cara testnya termasuk 'KEJAM' menurut kami, apalagi
diberlakukan kepada anak2 yang berusia hampir enam tahun hingga 7 tahun.

Calon siswa dipanggl masuk ke satu ruangan, satu siswa ditest oleh 2
guru. orang tua tidak boleh menyertainya. BAyangkan, untuk umur
segitu,berhadapan dengan orang asing, di test pula. apa ga menyeramkan
untuk anak2?

kemudian test baca....
kemudian test berhitung, dari mulai berhitung yang gampang, 2 + 2, 4 +
5 sampe 9 + 6. yang terakhir ini sudah mulai masuk penjumlahan
belasan....
lalu ditanya, nama lengkap (ditulis)
nama ortu lengkap (ditulis juga)
tempat tanggal lahir (ditulis juga, lengkap dengan tanda baca, misal:
Depok,....agustus 1999) bayangkan, lulusan TK udah disuruh nulis pake
tanda baca!!!

Kemudian alamat lengkap sampe RT RW...

sedih ya? terus terang saya kecewa dengan sistem pendidikan sekarang,
yang memaksa anak kelas 1 SD untuk HARUS sudah bisa membaca ketika baru
masuk. Ketika saya perhatikan buku paket kelas 1 SD untuk bahasa...
wah tambah seram...halaman pertama sudah langsung harus menulis dengan
konsonan dobel misal : MENYAPU. padahal dulu saya cuma belajar INI
BUDI, INI BAPAK BUDI...dst.

kemudian tengoklah buku paket matematik....
kelas satu SD sudah menjumlahkan bilangan puluhan kebawah...(itu dulu
pelajaran kelas 4). TErpaksa guru TK pun sudah mulai mengajarkan
penjumlahan ke bawah di kelas B...

temen2 ada yg mau sharing?
menurut saya ini cuma akan membuat anak2 bosan pada saat mereka sudah
harus belajar serius di kelas 3 dan 4.

Dengan di TEKAN seperti ini, saya tidak heran kalo kualitas SDM kita
adalah 112 dari 126 negara...hiks...kasian anakku nanti....

Dimana ada SD yang masih memahami perkembangan jiwa anak2? barangkali
kawan2 tahu?

resti

"Ari Condro" <[EMAIL PROTECTED]>
Sent by: wanita-muslimah@yahoogroups.com
08/04/2006 01:57 PM
Please respond to
wanita-muslimah@yahoogroups.com

<wanita-muslimah@yahoogroups.com>
cc

Subject
Re: [wanita-muslimah] TK

Apa sih yang diajarkan di Pre-school kita ? Apa bener anak TK udah harus
belajar membaca dan berhitung ?

http://www.expat.or.id/sponsors/kinderland.html

Kinderland Reading Program K1 & K2 (KRP)
Fun and effective ways of learning languagesA formal and structured
reading scheme to further develop and reinforce reading skills in
children. Complementing the I-LAP, it equips the children with phonic
skills to enable them to decode new words and read. KRP will develop
children's self confidence in reading.

Math Alive Program (MAP)
This program provides a variety of innovative and stimulating activities
that make math fun and challenging and meaningful for your child.

Kinderland's Professional Team

In Singapore:

Dr. Florence Lee Ph.D. is senior educational consultant and head of early
childhood education division.

Mrs. Carol Loy, MA supervises curriculum development and evaluation and is
Preschool Supervisor and also an early childhood lecturer.