Saya jelaskan.

--- [EMAIL PROTECTED] wrote:

> (SATO: Itu bagian dari NUBUAT Taurat dan kitab
> nabi-nabi mengenai MESIAS yang DIGENAPI Yesus. Bahwa
> Mesias itu akan dilahirkan oleh seorang perawan,
> bahwa Dia akan ditolak orang Yahudi, bahwa Dia akan
> dielu-elukan memasuki kota Yerusalem dengan
> menunggang
> keledai, bahwa Dia akan dihina, dipukuli, diludahi,
> bahwa kaki dan tangannya akan dipaku, disalib
> diantara penjahat-penjahat, lambungnya ditikam,
bahwa > Dia akan mati dengan kematian yang
mengenaskan, bahwa > Dia akan bangkit kembali dengan
mengalahkan maut pada > hari ketiga, naik ke surga dan
duduk di sebelah kanan
> Allah Bapa, semua nubuat Allah itu digenapkan dengan
> sempurna oleh Yesus.)
>
> WIDA : mas Sato, coba sampaikan kepada kami, ayat
> berapa dan dari kitab
> mana (di PL) nubuwat-nubuwat mengenai Mesias itu
> digenapi oleh Yesus terkait dengan :
>
> 1. akan dilahirkan dari seorang perawan --> kitab
> apa ayat berapa?

Nubuat: Yesaya 7:14.
Sebab itu Tuhan sendirilah yang akan memberikan
kepadamu suatu pertanda: Sesungguhnya, seorang
perempuan muda mengandung dan akan melahirkan seorang
anak laki-laki, dan ia akan menamakan Dia Imanuel.

> 2. akan ditolak oleh orang Yahudi --> kitab apa ayat
> berapa?

Nubuat: Mazmur 118:22.
Batu yang dibuang oleh tukang-tukang bangunan telah
menjadi batu penjuru.

> 3. akan dielu-elukan orang memasuki Yerusalem dengan
> menunggang keledai --> kitab apa ayat berapa?

Nubuat: Zakharia 9:9.
Bersorak-soraklah dengan nyaring, hai puteri Sion,
bersorak-sorailah, hai puteri Yerusalem! Lihat, rajamu
datang kepadamu; ia adil dan jaya. Ia lemah lembut dan
mengendarai seekor keledai, seekor keledai beban yang
muda.

> 4. akan dihina, dipukul dan diludahi --> kitab apa
> ayat berapa?

Nubuat: Mazmur 22:7,8
22:7 Tetapi aku ini ulat dan bukan orang, cela bagi
manusia, dihina oleh orang banyak.
22:8 Semua yang melihat aku mengolok-olok aku, mereka
mencibirkan bibirnya, menggelengkan kepalanya

> 5. kaki dan tangannya akan dipaku lalu DISALIB -->
> kitab apa ayat berapa?

Nubuat: Mazmur 22:17.
(22-17) Sebab anjing-anjing mengerumuni aku,
gerombolan penjahat mengepung aku, mereka menusuk
tangan dan kakiku.

> 6. lambungnya akan ditikam --> kitab apa ayat
> berapa?

Nubuat: Zakaria 12:10.

> 7. akan mati dengan mati yang menggenaskan --> kitab
> apa ayat berapa?

Mazmur 22:2
Allahku, Allahku, mengapa Engkau meninggalkan aku?
(Eli, Eli, Lama Sabachtani)

Yesaya 53: 3-12
53:3 Ia dihina dan dihindari orang, seorang yang penuh
kesengsaraan dan yang biasa menderita kesakitan; ia
sangat dihina, sehingga orang menutup mukanya terhadap
dia dan bagi kitapun dia tidak masuk hitungan.
53:4 Tetapi sesungguhnya, penyakit kitalah yang
ditanggungnya, dan kesengsaraan kita yang dipikulnya,
padahal kita mengira dia kena tulah, dipukul dan
ditindas Allah.
53:5 Tetapi dia tertikam oleh karena pemberontakan
kita, dia diremukkan oleh karena kejahatan kita;
ganjaran yang mendatangkan keselamatan bagi kita
ditimpakan kepadanya, dan oleh bilur-bilurnya kita
menjadi sembuh.

53:6 Kita sekalian sesat seperti domba, masing-masing
kita mengambil jalannya sendiri, tetapi TUHAN telah
menimpakan kepadanya kejahatan kita sekalian.
53:7 Dia dianiaya, tetapi dia membiarkan diri ditindas
dan tidak membuka mulutnya seperti anak domba yang
dibawa ke pembantaian; seperti induk domba yang kelu
di depan orang-orang yang menggunting bulunya, ia
tidak membuka mulutnya.

53:8 Sesudah penahanan dan penghukuman ia terambil,
dan tentang nasibnya siapakah yang memikirkannya?
Sungguh, ia terputus dari negeri orang-orang hidup,
dan karena pemberontakan umat-Ku ia kena tulah.
53:9 Orang menempatkan kuburnya di antara orang-orang
fasik, dan dalam matinya ia ada di antara
penjahat-penjahat, sekalipun ia tidak berbuat
kekerasan dan tipu tidak ada dalam mulutnya.

53:11 Sesudah kesusahan jiwanya ia akan melihat terang
dan menjadi puas; dan hamba-Ku itu, sebagai orang yang
benar, akan membenarkan banyak orang oleh hikmatnya,
dan kejahatan mereka dia pikul.
53:12 Sebab itu Aku akan membagikan kepadanya
orang-orang besar sebagai rampasan, dan ia akan
memperoleh orang-orang kuat sebagai jarahan, yaitu
sebagai ganti karena ia telah menyerahkan nyawanya ke
dalam maut dan karena ia terhitung di antara
pemberontak-pemberontak, sekalipun ia menanggung dosa
banyak orang dan berdoa untuk pemberontak-pemberontak.

> 8. akan bangkit kembali dengan mengalahkan maut pada
> hari ke-3,

Nubuat: Lihat rangkaian ayat Yesaya 53 di atas. Dan
Yesus sendiri mengatakan ini sebelum dia ditangkap dan
disalib:
'Anak Manusia harus menanggung banyak penderitaan dan
ditolak oleh tua-tua, imam-imam kepala dan ahli-ahli
Taurat, lalu dibunuh dan bangkit sesudah tiga hari.'
(Markus 8:31).

Dengan kalimat yang hampir sama ini di-ulangi Yesus
dua kali lagi kepada murid-muridnya pada kesempatan
yang berlainan.

> naik ke syurga dan duduk di sebelah kanan Allah -->
 > kitab apa ayat berapa?

Mazmur 110:1.
Mazmur Daud. Demikianlah firman TUHAN kepada tuanku:
"Duduklah di sebelah kanan-Ku, sampai Kubuat
musuh-musuhmu menjadi tumpuan kakimu."

http://mail.yahoo.com