Reposting dari file lama.
Wassalam
HMNA

BISMILLA-HIRRAHMA-NIRRAHIYM

WAHYU DAN AKAL - IMAN DAN ILMU
[Kolom Tetap Harian Fajar]
333. Hai Netanyahu, Berdamailah dengan Palestina!

    Nabi Ibrahim AS berasal dari Ur, bangsa Al 'Ibriyah Al Jadiydah (Deutro
'Ibriyah). 'Ibriyah dari kata 'ABARA artinya menyeberang lembah dan sungai.
Beliau mempunyai tiga orang isteri. Sitti Sarah isteri pertama melahirkan
Nabi Ishaq AS, putera tengah. Sitti Hajar isteri kedua melahirkan Nabi
Isma'il AS putera sulung. Sitti Katurah isteri ketiga melahirkan Madyan
putera bungsu, tidak menjadi nabi. Sitti Sarah adalah sepupu Nabi Ibrahim
AS, Sitti Hajar adalah puteri raja Mesir dari dinasti Hyksos yang
mengalahkan dinasti Fir'aun dan Sitti Katurah berasal dari Sinai.

    Nabi Isma'il AS menurunkan Nabi Muhammad SAW. Bani Isma'il adalah
orang-orang Arab sekarang. Dinasti Hyksos berasal dari Kan'an, bangsa Al
'Ibriyah Al Qadiymah (Proto 'Ibriyah), maka Palestina adalah negeri bangsa
Arab, baik dinasabkan kepada Nabi Ibrahim AS, maupun dinasabkan kepada Sitti
Hajar.

    Nabi Ishaq AS memperanakkan Nabi Ya'qub AS juga bernama Israil, yang
menurunkan Nabi Musa AS dan Nabi 'Isa AS. Bani Israil mendirikan negara
Israel di Palestina sekarang dan mengklaim bahwa daerah itu miliknya, pada
hal seperti dijelaskan, merekapun pendatang dari Ur. Jadi sesungguhnya
Palestina itu adalah milik bersama antara orang Al 'Ibriyah Al Qadiymah dan
Al 'Ibriyah Al Jadiydah, Arab dan Israel.

    Sedangkan Bani Madyan yang bermukim di Sinai hanya tercatat sampai Nabi
Syu'aib AS, mertua Nabi Musa AS. Menurut Al Quran bangsa Madyan dibinasakan
Allah, karena curang dalam timbangan.

    Wa Lammma- Ja-a Amruna- Najjayna- SYu'Ayban WaLladziyna A-manuw Ma'ahu-
biRahmatin Minna- wa Akhdzati Lladziyna ZHalamuw lSyayhatan fa Ashbahuw fiy
Diya-rihim Ja-tsimiyn (S. Huwd, 11:94). Tatkala datang siksaan Kami, Kami
selamatkan Syu'aib dan orang-orang beriman yang menyertainya atas Rahmat
dari Kami, lalu orang-orang zalim itu disambar bunyi keras, lalu mereka
tersungkur dalam rumah mereka.

    Anak ke-11 Israil, yaitu Nabi Yusuf AS, menjadi Raja Muda Mesir di bawah
daulah dinasti Hyksos, memanggil Bani Israil beremigrasi ke Mesir. Setelah
dinasti Fir'aun mendesak dinasti Hyksos kembali ke Kan'an, Bani Israil
diperbudak oleh dinasti Fir'aun. Nabi Musa AS memimpin Bani Israil exodus
meninggalkan Mesir. Beliau wafat sebelum kaumnya tiba di Palestina. Beliau
hanya sempat menyaksikan Palestina dari tempat ketinggian.

    Bani Israil yang exodus dari Mesir masih bermental budak, tidak
mempunyai semangat juang. Empat puluh tahun lamanya Bani Israil hidup di
gurun pasir dengan makanan manna (sejenis lumut, rasanya manis) dan salwa
(sejenis burung). Selama 40 tahun itu terjadilah pergantian generasi.
Generasi muda yang ditempa di padang gurun tidak lagi bermental budak
seperti orang-orang tua mereka satu generasi sebelumnya, melainkan sudah
bermental pejuang. Dengan dipimpin oleh Yosyua, Bani Israil berhasil
bermukim di Palestina.

    Sekitar tahun 1020 seb.M. Thalut (Saul), menjadi raja yang pertama Bani
Israil, setelah Daud membunuh Jalut (Goliath) dalam perang tanding, yang
berakhir dengan dihancurkannya balatentera Jalut. Kemudian sekitar 1004
seb.M. Nabi/Raja Daud  AS  (menantu Thalut) menjadi raja bagian selatan dari
Palestina, yaitu Kerajaan Yahuza (Yudah). Selanjutnya tahun 998 seb.M.
Nabi/Raja Daud AS menjadi raja atas seluruh Palestina, setelah menaklukkan
Darussalam (Jeruzalem) dan menjadikannya ibu kota kerajaan.

    Nabi/Raja Daud AS digantikan oleh puteranya yaitu Nabi/Raja Sulaiman AS
menjadi raja.  Setelah Nabi/Raja Sulaiman wafat (926 seb.M.), maka kerajaan
utara dan selatan yang telah dipersatukan oleh Nabi/Raja Daud, kembali lagi
pecah dua, Israil di utara dan Yahuza di selatan, masing-masing dengan ibu
kota Samaria dan Jeruzalem.

    Tahun 721 seb.M. Samaria ditaklukkan oleh bangsa Asysyria dan
penduduknya yang terdiri atas 10 suku dibawa pergi semuanya oleh penakluk
itu. Ke-10 suku bangsa Israil itu hilang ditelan sejarah tak tentu di mana
rimbanya (Ten Lost Tribes of Israel).

    Kerajaan selatan yaitu Kerajaan Yahuza yang hanya terdiri atas dua suku
(turunan Yahuza dan Bunyamin, anak Israil) dapat bertahan 2 abad lamanya.
Tahun 586 seb.M. Kerajaan Yahuza ditaklukkan oleh bangsa Babilonia. Kedua
suku itu diangkut semuanya ke Babilonia. Tahun 538 seb.M. mereka
dimerdekakan dan dikembalikan ke Yeruzalem oleh Cyrus, raja Parsi.

    Tahun 65 seb.M. Pompey menaklukkan Palestina dan dijadikannya provinsi
dari Kerajaan Romawi. Jadi Nabi Isa AS lahir pada waktu Palestina menjadi
provinsi dari Kerajaan Romawi. Akhirnya mereka berontak untuk melepaskan
diri dari jajahan Romawi, namun ditindas oleh Titus dalam tahun 70
Miladiyah. Dalam tahun itu juga Yeruzalem dibinasakan, yang tertinggal
hanyalah sebuah dinding dari Haikal Sulaiman. Pada hari besar agama Yahudi,
Yom Kippur, orang-orang Yahudi pergi menangis di dinding itu.

    Sejak tahun 70 Miladiyah orang-orang Yahudi berserak-serak dalam wilayah
kekaisaran Romawi, bahkan ada yang ke selatan mencari sepupunya Bani Ismail
dan diterima dengan baik oleh orang-orang Arab di Madinah, bahkan diizinkan
mendirikan benteng. Dalam perang Khandaq mereka menghianati ummat Islam,
yaitu secara diam-diam membantu pasukan yang mengepung Madinah, yaitu
pasukan konfederasi Quraisy, Ghatafan dan Yahudi Banu Nadhir dari lembah
Khaibar dengan kekuatan di antara 18.000 hingga 20.000 orang. Padahal ada
perjanjian antara ummat Islam dengan orang-orang Yahudi itu untuk
bersama-sama mempertahankan Madinah kalau ada serangan musuh. Pengkhianatan
orang-orang Yahudi itu sangat membahayakan kedudukan ummat Islam, karena
lini pertahanan kota Madinah itu terdiri atas khandaq (parit), pohon-pohon
kurma dan benteng orang-orang Yahudi itu. Setelah para pengepung kafir
Quraisy mundur dari Madinah disebabkan pertolongan langsung dari Allah SWT
dengan turunnya angin ribut pada waktu malam, disertai dengan hawa yang
sangat dingin, maka orang-orang Yahudi itu diusir dari Madinah, dan itulah
akhir pemukim Yahudi di Madinah.

    Hai Netanyahu, berdamailah dengan Palestina! Karena sesungguhnya
Palestina itu adalah milik bersama antara orang Al 'Ibriyah Al Qadiymah
(Arab) dan Al'Ibriyah Al Jadiydah (Israel). WaLla-hu a'lamu bisshawab.

*** Makassar, 2 Agustus 1998
    [H.Muh.Nur Abdurrahman]