Mba Lina,

Maksud saya dengan peyebutan kata "budak" karena umumnya hak pilih dan
hak bersuara dari kaum perempuan dibatasi. Bahkan cenderung
sangat-sangat dibatasi.

Mba Lina, memang enak kalau disetirin jika itu merupakan pilihan kita
sendiri tapi tidak akan sangat mengenakan jika itu bukan dari pilihan
kita bahkan merupakan pemaksaan.

Walau perempuan arab mendapatkan mahar yang besar tapi itu semua di
tukar dengan kebebasanya sebagai manusia yang mandiri dan merdeka.
Seorang istri di arab sana seperti menjadi barang milik suami.

Saya hanya bisa membayangkan seorang istri arab akan sangat iri kepada
pere di kampung-kampung yang bisa begitu dekat dengan suaminya bekerja
sama mengelola sawah, sama-sama beristirahat di saung memakan nasi
liwet pake asin plus sambal lalab. Dan pulang beriringan di sore hari
menelusuri jalan setapak...

setidaknya pere jawa masih memiliki jiwa bukan sekedar boneka yang
tanpa perasaan:))

--- In wanita-muslimah@yahoogroups.com, "Lina Dahlan" <[EMAIL PROTECTED]>