sarinesia wrote:

> setahu saya al ustadz Quraish Shihab tergolong ulama yg sangat
> hati-hati dalam berpendapat. biasanya dia mengambil pengertian2 yg
> cukup standard atau tidak radikal atau bermain aman. dalam hal ini
> beliau sudah cukup baik dalam menafsirkan pengertian murtad tsb.

tul, saya kira ini cuman perbedaan perspektif aja koq :-) lagipula
kita jangan ampe menutup mata kalo beberapa kata-kata yang terpakai
dlm al-qur'an merupakan istilah-istilah yang dipakai oleh masyarakat
contohnya saja, asal kata "kafir" dalam bahasa Arab artinya menutupi.
Dari sinilah para petani dinamakan kuffar karena mereka menutupi benih,
sebagaimana firman Allah dlm QS. Al-Hadid : 20 berbunyi:

Kamatsali ghaitsa a'jabal-kuffaara nabaatuhu

artinya: "Seperti hujan yang membuat petani itu kagum akan
tumbuh-tumbuhannya".

Dan sebab itu pula, mereka menamakan malam dengan kafir, karena dia
menutupi segala sesuatu dengan kegelapannya. Demikian juga laut,
orang yang memendam, dan yang memakai senjata. Di antara kalimat
kalimat ini ada persamaan makna, yaitu mengandung makna "menutupi".

Demikian pula seorang kafir dinamakan kafir karena dia menutupi
kebenaran, atau karena kekafirannya itu ia menutupi apa-apa yang
seharusnya dia imani. Inilah arti kufur dalam bahasa Arab.

namun kata kafir itupun memiliki banyak muatan makna, bahkan orang
yang tidak bersyukur pun termasuk dianggap kafir :

lain syakartum la'azîdannakum walain kafartum inna 'adzâbî lasyadîd

Jadi, orang yang perangai sosialnya buruk meskipun seorang muslim
bisa juga disebut orang kafir.

> memang islam dalam pengertian sebagai agama itu memang tidak dikenal
> dalam sejarahnya. namun karena ada distorsi pada akhirnya islam
> dianggap sebagai nama sebuah agama.

anda benar (kayak kuis) :-)! Dalam perkembangannya, terdapat perkembangan
historis-sosiologis pada makna generik kata-kata islam yang membuatnya
dipahami sebagai ajaran yang dibawa oleh Nabi Muhammad saw. walau
sebenarnya Islam itu tidak terbatas pada risalah Nabi Muhammad saw
saja. Jadi bisa dikatakan, bahwa kata "Islam" merupakan sifat untuk
ajaran para nabi, sedangkan ajaran Nabi Muhammad saw merupakan
manifestasi dari kesinambungan sifat itu. Hal ini diperkuat lagi
dengan tidak ditemukan kata Islam sebagai nama agama kecuali setelah
agama ini sempurna dengan kedatangan Nabi Muhammad saw. Substansinya
adalah bahwa semua agama atau ajaran yang di sampaikan oleh para rasul
adalah Islam, sehingga siapapun sejak  Adam hingga akhir zaman yang
tidak menganut agama atau ajaran sesuai dengan yang diajarkan oleh para
rasul yang diutus kepada mereka, maka Tuhan tidak menerimanya, sebagaimana
firman-Nya dalam QS. 3: 85, "Dan barangsiapa mengikut agama selain al-islam
(sikap pasrah kepada Tuhan), maka sekali-kali ia tidak akan diterima agama
itu darinya dan di akhirat ia termasuk orang-orang yang rugi"

> saya lebih setuju pendapat Cak nur (alm) bahwa murtad adalah keluar
> dari (barisan) islam, dimana pada waktu itu semua orang islam adalah
> tentara sehingga menjadi murtad adalah disersi. sehingga boleh dibunuh
> karena khawatir hal2 yg berkaitan dgn rahasia militer bocor ke tangan
> musuh.

boleh saya tau, anda baca dibuku yg judulnya apa ? atau artikel ? kalo
ada linknya, kasih dong :-)