Saya suka Marissa Haque.
Diantara bintang film Indonesia yang cantik Marissa
Haque istimewa di mata saya karena selain cantik dia
juga cerdas, dan kalau ngomong "nyambung".

Dan ... saya paling tidak suka jilbab. Karena saya
melihat jilbab sebagai lambang pemasungan perempuan
dan perempuan yang memakainya semula saya anggap orang
yang nrimo dipasung atau senang dengan keterpasungan
itu. Satu kedunguan.

Tapi tidak demikian halnya sewaktu jilbab itu
dikenakan oleh Marissa Haque. Dipakai oleh Marissa
Haque saya tidak lagi melihat jilbab itu sebagai
lambang pemasungan sebab saya melihat bahwa Marissa
Haque dengan sikap politiknya terbukti bukanlah
seorang perempuan yang terpasung. Tidak mengherankan
kalau dalam satu perdebatan di milis perempuan Islam,
saya membela keras Marissa Haque sewaktu dia
dipojokkan berkait dengan sikapnya yang dipandang
tidak sopan dalam sidang DPR.

Pokoknya saya menjadi salah seorang fans-nya Marissa
Haque, membayangkannya sebagai seorang ibu yang
lembut, isteri yang setia, perempuan yang gigih dan
penuh perjuangan dan gairah hidup. Saya bermimpi,
berkhayal seandainya saya punya isteri seperti dia.

Tetapi akhir-akhir ini kekaguman saya pada Marissa
mulai luntur. Beberapa tanda tanya muncul dalam benak
saya melihat sepak-terjangnya. Terlihat sifat-sifat
yang mengusik hati nurani saya. Sifat perempuan yang
bukanlah ciri isteri setia. Perempuan ini kelihatannya
matre, oportunis, tak segan menipu dan memperdaya,
berkhianat untuk mencapai tujuan.

Saya bayangkan saya punya isteri seperti dia. Di awal
perkawinan dia kelihatan lembut dan sangat mencintai
saya. Tetapi begitu bertemu dengan seorang pengusaha
Arab kaya raya, sikapnya berubah. Apalagi ketika si
Arab ganteng mengiming-imingi rumah istana megah,
kedudukan terhormat mendampinginya kalau cerai dari
saya, sedan mengkilap yang jauh lebih mahal dari mobil
saya, dan bahkan sengaja menanggalkan kancing
kemejanya untuk memperlihatkan bulu-bulu dadanya yang
membuat sesak nafas perempuan sehat.

Buyarlah sudah impian saya mengenai Marissa Haque
sebagai figur perempuan idaman, seorang isteri setia,
sebagai tokoh perempuan panutan yang dapat dipercaya
dan dipegang kata-katanya.

Tapi mudah-mudahan saja saya keliru. Saya masih
berharap Marissa Haque tetap seperti Marissa Haque
kesan saya selama ini. Seorang perempuan gigih,
cerdas, jujur dan setia. Salam buat Marissa Haque.

http://mail.yahoo.com