Konsepnya beda dengan kedokteran barat.
Secara anatomis tidak ada hubungan langsung antara saluran pencernaan
dan saluran kemih.
Begitu air masuk ke usus, maka dia diserap masuk ke pembuluh darah.
Mekanisme keseimbangan tubuh yang diatur diotak menyebabkan air yang
diserap tadi dikeluarkan lagi melalui ginjal.  Ginjal berfungsi
sebagai penyaring metabolit2 sisa pembakaran tubuh.
Adanya endapan kristal baik di ginjal, ureter maupun kandung kemih
lebih disebabkan oleh karena jenis makanan yang kita makan
menghasilkan metabolit sisa atau kagak, bukan karena posisi minumnya.
Makanya orang kalau kena masalah ginjal dianjurkan oleh dokter untuk
berpantang makanan tertentu, bukannya minum sambil duduk.

Spingter otot gastrointestinal lebih berfungsi untuk memastikan bahwa
makanan jalannya itu satu arah (dari atas kebawah dan tidak
sebaliknya), kalau tidak bisa dibayangkan bahwa makanan yang sudah
berubah bentuk dan baunya kembali balik keatas.. :D

moral of the story konsep kedoteran cina dan barat berbeda, meskipun
tidak kontradiktori.  Mencampur-adukkan konsep keduanya bikin kita
mengambil kesimpulan yang campur aduk juga.

Sekarang, apakah kita mau ngambil kesimpulan secara serampangan, atau
baca referensi yang menjadi rujukan ilmiah.

regards,
Donnie