Oh, oh, ini ana salin sebuah paragraf dari yang Abah toles dalam Seri 510:
Nahi mungkar ini kejadian di Selayar, juga pada tahun 30-han, yang dikorek
dari ingatan saya sendiri. Ada yang melapor kepada Opu Tuan Imam Barat
Batangmata, kakek saya,  ada pesta minum tuak di sebuah kebun di atas bukit
di luar kampung. Dengan segera Opu Imam mendatangi tempat itu seorang diri.
Bila-bila (tempat tuak) yang masih berisi tuak dihempaskan beliau, kemudian
menantang: "Inai ngeha nrinni" (siapa berani melawan di sini). Kata "ngeha"
ini pernah dipopulerkan oleh Bupati Sinjai Moh. Rum, mensosialisasikan di
kalangan masyarakat Kabupaten Sinjai seruan Gubernur "ewako" menjadi
"ngehako". Para peminum itu tidak ada yang berani, karena Opu Imam tersohor
pesilat yang tidak jarang membabak-belurkan beberapa pasolle' kabarra-barra
(istilah sekarang: preman kondang). Setelah menumpahkan habis tuak itu
barulah Opu Imam berkata: "Tuak itu haram, berhentilah minum tuak." Opu Imam
berhasil bernahi mungkar single handed dengan tangan (biyadihi-), dengan
terlebih dahulu "menegakkan" wibawa.

Oh, oh, itu Opu Tuan Imam Barat Batangmata adalah kakeknya Abah
Oh, oh, dan Abah juga dahulu di pedalaman pake cara Opu Tuan Imam berda'wah
Oh, oh, mendatangi sarang preman, bertarung dahulu yang disebut bilyad, baru
kasih ceramah, billisan

Oh, oh, ada pula orang Cina bergelar Guru Baba
Oh, oh, Guru Baba ini pak cara seperti Abah dan Kakeknya Abah
Oh, oh, ana pernah lakukan pula cara berda'wah seperti itu
Oh, oh, itu cara yang diwariskan dari kakek turun ke cucu

Oh, oh, ini ana salin dari yang Abah toles dalam Seri 275:
Sebelum perang ada seorang muballigh keturunan Cina, sehingga
ia  lebih  dikenal dengan nama kehormatan Guru  Baba.  Ia  pergi
seorang  diri  bertabligh ke  pelosok-pelosok,  ke  daerah-daerah
rawan.  Caranya berkomunikasi mudah dipahami. Di suatu tempat  di
perbatasan  Bone  dengan Camba, yang waktu itu  masih  rawan,  ia
menaklukkan  seorang  kepala  rampok  dalam  pertarungan   fisik.
Setelah perampok itu mengakui kekalahannya, Guru Baba menjelaskan
dengan  cara sederhana tentang keterbatasan manusia.  Ia  berkata
kepada perampok itu: "Coba angkat kaki kirimu", kata Guru  Baba.
"Itu  hal  yang mudah," jawab perampok itu sambil  dengan  segera
mengangkat  kaki  kirinya.  "Sekarang," kata  Guru  Baba,  "coba
angkat  kaki  kananmu".  Perampok itu  menurunkan  kaki  kirinya,
kemudian  mengangkat  kaki kanannya. "Angkat kaki  kananmu  tanpa
menurunkan kaki kirimu," perintah Guru Baba'.

Allah  mentaqdirkan manusia  tidak  dapat  terbang  seperti  lebah,
sehingga  kepala perampok itu tidak dapat mengangkat kaki kanannya sementara
kaki kirinya  tidak  berjejak di atas bumi, seperti  yang  diperagakan Guru
Baba dalam diri perampok itu. Itulah keterbatasan manusia. Tidak semua yang
dinginkannya dapat dilakukannya.

Muammar Qaddhafi yang mendapat amanah dari Abah menjawab yang ana bisa jawab
pd mlm/hr Jmt.

MQMQMQMQMQMQMQMQMQMQMQMQMQMQMQMQMQMQMQ