Puasa 5 : Lapar Mata
Aisha Y

Dulu waktu kecil saat saya puasa, sejak pagi rasanya semua makanan dan
minuman sepertinya enaaaaak banget, bukan enak saja tapi enak dengan a
panjang dan pakai banget, itu artinya makanan dan minuman itu terlihat
begitu menggiurkan :)

Jadi, sejak pagi terutama di awal-awal puasa saat sekolah masih libur, saya
mengumpulkan satu demi satu makanan dan minuman yang mau saya konsumsi saat
buka nanti. Saya punya piring plastik besar berawarna ungu muda tempat saya
mengumpulkan makanan itu. Dengan sabar saya menyimpan makanan-makanan itu
sambil tidak lupa mencium makanan itu dengan penuh perasaan, kebayang donk
harumnya jambu batu, apel, roti isi keju, dll.

Pas buka, kadang-kadang saya makan semuanya dan saya kekenyangan, tidak bisa
tarawih, malah perut sakit sekali. Jadi saya diomelin orang tua dan sakitnya
itu yang minta ampun. Atau bisa juga terjadi, hanya sebagian kecil makanan
di piring ungu itu yang saya makan, sebab saat saya menggigit beberapa
makanan itu, kok rasanya tidak seenak yang saya bayangkan saat siangnya ya.
Jadi makanan itu banyak yang tidak termakan, orang lain yang serumah juga
tidak selalu mau makan makanan di piring ungu itu karena selera tidak sama
atau mungkin mereka juga punya target makanan tertentu yang mau dimakan saat
buka.

Itu cerita masa kecil saya saat saya masih lapar mata, kemarin saya diundang
buka bersama oleh kakak sepupu yang mau pergi ke satu negara, ceritanya buka
bersama perpisahan begitchu. Saya jadi ketawa lebar ketika tahu 2 anak kecil
kakak sepupu ini juga ternyata sama kelakuannya seperti saya dulu - lapar
mata dan ngumpulin makanan sampai banyak yang tidak dimakan :)

Rasanya sayang banget ya, di tengah kemiskinan yang semakin meningkat dan
itu artinya banyak orang yang terpaksa berpuasa walaupun bukan bulan puasa,
hanya karena mereka tidak punya makanan. Nah, sekarang jika ada teman-teman
disini yang saya rasa sudah dewasa semua masih juga lapar mata, ngumpulin
makanan untuk buka dan akhirnya tidak semuanya termakan, itu artinya
puasanya masih puasa anak kecil, mungkin kalau merujuk ke pendapat Imam
Ghazali, masih di tahap pertama dari 3 tingkatan kualitas orang berpuasa ya?
Atau malah mungkin lebih buruk lagi ya, masih belum bisa mengendalikan diri
dalam urusan nafsu makan dan puasanya sekedar memindahkan waktu makan saja?

<*> Your email settings:
    Individual Email | Traditional

<*> To change settings online go to: