Ya, masih bagus "apple to apple" daripada "orange to apple"...:-)

1)      Sebetulnya saya memang hanya concern pada penalaran (metode)
yang sama.
2)      Kalau bendanya beda, ya gak ngaruh toh. Metodenya sama dan
yang dituju adalah sama, yaitu orang yang beriman.
3)      Kalau kesimpulan akhir dari semua masalah (termasuk puasa
atopun jilbab) bergantung orangnya, dan yang tahu sebener-benernya
cuma Allah SWT.

Kembali ke soal penalaran, menarik apa yang dikemukakan oleh mbak
Aisha, bahwa meski metoda sama namun ada perbedaan pada
kata "diwajibkan" dan "hendaklah". "Diwajibkan kepada orang beriman
tuk berpuasa" bukan kepada orang Islam, dan "Hendaklah istri kaum
mukmin (artinya=mukminah) tuk berjilbab" bukan kepada muslimah..
Begitu saja sih.

Mbak Mia, saya kira mbak memang keliru.
Mbak mengatakan membandingkan jilbab dan puasa seperti apple to
apple. Sepertinya suatu perbandingan yang salah (?) Lalu, mengapa
juga membuat test case pada perbandingan yang salah tsb?

Kalau buat saya sih, ini semua kembali kepada ketundukan pribadi
akan ayat-ayatNya, yang memang sah-sah saja bagi masing-masing orang
karena keunikan masing2 orang. Kemana ayat-ayat itu berakhir? Bagi
manusia, bergantung ditangan siapa ayat itu berada.

Wassalam,

--- In wanita-muslimah@yahoogroups.com, "Mia" <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> Mbak Lina dan mbak Flora kayaknya membandingkan puasa dan jilbab
> seperti apple to apple. Mudah-mudahan saya keliru.
>
> Dikutip dari mbak Flora: "(seperti halnya jilbab, dikenakan karena
> ekspresi ketundukan pada perintah
> Allah)......"
>
> Untuk mbak Lina, penalaran bisa saja sama, yang namanya (metode)
> bernalar itu sejalan, karena metode ushl fiqh misalnya,
mengandalkan
> generalisasi atau keumuman. Tapi kesimpulan akhir nggak selalu
sama,
> karena barangnya emang beda. Selain itu jilbab bisa dikategorikan
> khilafiah, sedangkan puasa semua sepakat.
>
> Untuk mbak Flora, jilbab maupun puasa itu adalah ekspressi
> ketundukan pada perintah Allah, itu sah saja bagi pribadi. Tapi
> puasa dan jilbab itu nggak berbanding lurus.
>
> One test case. Di dalam rumah sendiri pasti puasa dong. Di pulau
> sendirian kudu puasa juga dong.  Tapi apa kita berjilbab di kamar
> [...]

<*> Your email settings:
    Individual Email | Traditional

<*> To change settings online go to: