Insan Sutan Paruk berkata :
  jadi, kalau ada yang menganggap perintah pake jilbab itu sudah
kadaluwarsa, ya reasonable aja.

  =======================

  Jano-ko minta dasar hukumnya,

  Ayo dong Kang, tunjukkan dasar hukumnya dari pendapat anda tersebut.

  Saya  tunggu ya jawabannya.

  Saya beri masukan firman - firman Allah SWT dibawah ini, silahkan dihayati

  ----------

  Al QurĂ¡n

  [6.155] Dan Al Qur'an itu adalah kitab yang Kami turunkan yang diberkati,
maka ikutilah dia dan bertakwalah agar kamu diberi rahmat

  [4.174] Hai manusia, sesungguhnya telah datang kepadamu bukti kebenaran dari
Tuhanmu, (Muhammad dengan mukjizatnya) dan telah Kami turunkan kepadamu cahaya
yang terang benderang (Al Qur'an).

  [15.1] Alif, laam, raa. (Surat) ini adalah (sebagian dari) ayat-ayat Al-Kitab
(yang sempurna), yaitu(ayat-ayat) Al Qur'an yang memberi penjelasan

  [3.138] (Al Qur'an) ini adalah penerangan bagi seluruh manusia, dan petunjuk
serta pelajaran bagi orang-orang yang bertakwa

  [2.2] Kitab (Al Qur'an) ini tidak ada keraguan padanya; petunjuk bagi mereka
yang bertakwa

  [17.105] Dan Kami turunkan (Al Qur'an itu dengan sebenar-benarnya dan Al
Qur'an itu telah turun dengan(membawa) kebenaran. Dan Kami tidak mengutus
kamu,melainkan sebagai pembawa berita gembira dan pemberi peringatan

  [20.100] Barang siapa berpaling daripada Al Qur'an maka sesungguhnya ia akan
memikul dosa yang besar dihari kiamat

  [17.82] Dan Kami turunkan dari Al Qur'an suatu yang menjadi penawar dan
rahmat bagi orang-orang yang beriman dan Al Qur'an itu tidaklah menambah kepada
orang-orang yang lalim selain kerugian.

  [4.140] Dan sungguh Allah telah menurunkan kepada kamu di dalam Al Qur'an
bahwa apabila kamu mendengar ayat-ayat Allah diingkari dan diperolok-olokkan
(olehorang-orang kafir), maka janganlah kamu duduk beserta mereka, sehingga
mereka memasuki pembicaraan yang lain. Karena sesungguhnya (kalau kamu berbuat
demikian), tentulah kamu serupa dengan mereka.Sesungguhnya Allah akan
mengumpulkan semua orang-orang munafik dan orang-orang kafir di dalam Jahanam,

  [2.23] Dan jika kamu (tetap) dalam keraguan tentang Al Qur'an yang Kami
wahyukan kepada hamba Kami(Muhammad), buatlah satu surat (saja) yang semisal Al
Qur'an itu dan ajaklah penolong-penolongmu selainAllah, jika kamu orang-orang
yang benar

  [2.41] Dan berimanlah kamu kepada apa yang telah Aku turunkan (Al Qur'an)
yang membenarkan apa yang ada padamu (Taurat), dan janganlah kamu menjadi
orangyang pertama kafir kepadanya, dan janganlah kamu menukarkan ayat-ayat-Ku
dengan harga yang rendah, dan hanya kepada Akulah kamu harus bertakwa

  [3.4] Sebelum (Al Qur'an), menjadi petunjuk bagimanusia, dan Dia menurunkan
Al Furqaan. Sesungguhnya orang-orang yang kafir terhadap ayat-ayat Allah akan
memperoleh siksa yang berat; dan Allah Maha Perkasa lagi mempunyai balasan
(siksa).

  [3.7] Dia-lah yang menurunkan Al Kitab (Al Qur'an) kepada kamu. Di antara
(isi) nya ada ayat-ayat yang muhkamaat itulah pokok-pokok isi Al Qur'an dan
yang lain (ayat-ayat) mutasyaabihaat. Adapun orang-orangyang dalam hatinya
condong kepada kesesatan, maka mereka mengikuti sebagian ayat-ayat yang
mutasyabihat untuk menimbulkan fitnah dan untuk mencari-cari takwilnya, padahal
tidak ada yang mengetahui takwilnya melainkan Allah. Dan orang-orang yang
mendalam ilmunya berkata: "Kami beriman kepadaayat-ayat yang mutasyabihat,
semuanya itu dari sisiTuhan kami." Dan tidak dapat mengambil
pelajaran(daripadanya) melainkan orang-orang yang berakal.

  ----------

  wassalam

Sutan Paruik Gadang <[EMAIL PROTECTED]> wrote:
          --- In wanita-muslimah@yahoogroups.com, "Lina Dahlan"
<[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> Lina:
> Yap. Dalam konteks puasa dan jilbab yang berdasarkan penalaran tsb
> diatas, orang yang tidak terpanggil melakukan hal tsb dapat
> dikatakan tidak beriman. Dalam konteks itu saja ukurannya.
> Masalahnya, mana yang lebih prioritas dalam hidup ini bagi
seseorang
> adalah berbeda.

ya nggak sesederhana itu. makanya saya tunjukkan beda kedua ayat
tadi. yang satu (puasa) bertujuan untuk bertakwa, yang satu lagi
(jilbab) tujuannya supaya bisa dikenali. kalau takwa kan jelas tidak
terikat sama frame apapun. makanya, puasa itu wajib, kapan dan di
mana saja.

tapi jilbab jelas berbeda. coba perhatikan tafsir terhadap ayat-ayat
tentang jilbab. di tafsir jalalain jelas disebutkan bahwa yang
dimaksud "dikenali" itu kaitannya dengan membedakan antara perempuan
merdeka dengan budak.

jadi, kalau ada yang menganggap perintah pake jilbab itu sudah
kadaluwarsa, ya reasonable aja.

<*> Your email settings:
    Individual Email | Traditional

<*> To change settings online go to: