Ini resep dari daerah Asia Selatan, salah satu teman saya dari
Pakistan yg mengajari. Bumbu yg terkenal dari kawasan ini namanya
'masala' yg kata teman saya adalah 'formula'nya. Dari masala ini bisa
dimasak beberapa jenis masakan. Yg satu ini, namanya plao (mungkin
spellingnya salah kali ye? :P). Nasi vegetarian. Pendapat pribadi saya
sih ini sejenis nasi liwet, tapi jauh lebih refot. Saya sampe bilang
ma dia, loe tau teknologi yg namanya rice cooker ga sih? :-))

Bahan:
1 bawang putih
1 bawang bombay
2 cabe merah/hijau besar
2 tomat
3 gelas beras (beras basmati, kalo bisa)
sayuran dipotong kecil2 (wortel, kacang polong, dll)
minyak sayur
garam secukupnya
air

Cara memasak:
1. Masukan minyak sayur, bawang putih, bawang bombay dan cabe merah
besar. Masak sampai hancur. Tekniknya, pake api tinggi, tambahi air
sedikit2, tutup pancinya. Kalo sekiranya sudah tidak ada air, tambahi
air sedikit lagi, diudek2 eh diaduk2, terus tutup lagi, sampai hancur
(ribet kan?)
2. Masukan tomat, lakukan dng cara yg sama hingga hancur dan membentuk
sejenis 'pasta'.
3. Masukan sayuran, masak hingga setengah matang.
4. Masukan beras, beri air, dan masak hingga air berkurang.
5. Tutup pancinya dng diberi serbet/koran (biar uapnya tidak kemana2).
Siap saji deh :-)

Bisa juga dng ayam atau daging. Masukkan ayam/daging sedari awal
bersama bawang dan cabai. Bawang putihnya dibanyakin kali ye, biar gak
bau. Keliatan gampang sih, tapi refot. Ada juga teknik masak daging yg
pake yoghurt yg direndam semalaman, tapi belum sempat diajari, eh
temenku udah pulang. Yg saya mau pelajari itu sebenarnya masak daging
mentah ala Lebanon. Gak dimasak, tapi layak makan. Lupa nama
masakannya apa, tapi katanya enak sekali. Cuma sampai sekarang belum
ketemu resepnya.

salam masak2,
herni

<*> Your email settings: