masalah makanan ini ada dua asas (menurut saya).

yaitu asas halal-haram yang merupakan wilayah keimanan.

dan asas manfaat-mudharat, merupakan wilayah akal.

wilayah keimanan yang haram hanya 4 itu saja yaitu yg dimuat dalam
al-maidah ayat 3.

sedangkan yg termasuk asas manfaat-mudharat bisa berkembang sesuai
pemikiran masing-masing orang. di sini khamr dan narkoba termasuk
wilayah kedua.

dari situ sebenarnya Allah memberikan kepercayaan penuh pada akal
manusia untuk berpikir mana yg layak dimakan dan mana yg tidak layak
dimakan.

kalau yang termasuk wilayah pertama tidak dapat ditawar-tawar.

begitu loh Om Yanoko yg sekarang sudah semakin dewasa.. kapan teman
anda HMNA menjadi dewasa seperti anda?

--- In wanita-muslimah@yahoogroups.com, jano ko <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> Insan sarinesia berkata :
>
>   ya memang begitu. saya tidak minum Khamr bukan karena haram. tapi asas
>     manfaatnya yg kurang dibanding mudharat. jadi bukan masalah
>     halal-haramnya.
>
>   ===========
>
>   Jano-ko memberi informasi, ikhlas dech
>
>   -----
>
>   Hadis :
>
>   Setiap yang memabukkan adalah khamr, dan setiap khamr adalah haram
(HR.Muslim).

>   Apa saja yang banyaknya memabukkan, maka sedikitnyapun haram
(HR.Ahmsr, Abu   Daud,Tirmizi).

>   Ada seorang laki-laki hendak menghadiahkan khamr pada Rasulullah
saw, lalu   beliau menginformasikan padanya bahwa Allah telah
mengharamkan khamr. Kemudian   laki-laki itu bertanya apakah boleh
dijual, jawab beliau saw : Allah telah   mengharamkan meminum dan
mengharamkankan menjualnya, Apakah boleh dihadiahkan   pada orang

<*> Your email settings:
    Individual Email | Traditional

<*> To change settings online go to: