bos...

yg ngeyel bin bebal itu ustadz fauzan... ustadz sabrinya udah njelasin
panjang lebar... tapi fauzannya masih muter2 ga karuan... malah sengaja
melebarkan topik..

diskusi ini sudah sejak "jaman majapahit" ada dan ga ada habisnya... buat
penyegaran, saya kirim ulang tulisan ustadz chodjim, sayang beliau ga di
sini lagi...:(

salam,
kinantaka
*****

Kisah Rembulan Terbelah

Orang-orang musyrik Mekah meminta Rasul untuk unjuk mukjizat. Seperti
diketahui, Rasul tak pernah unjuk mukjizat duniawi seperti kisahnya Nuh,
Ibrahim, Musa, dan Isa. Nabi tetap menyampaikan ayat-ayat Alquran itu kepada
masyarakat Quraisy dengan bahasa Arab puitis yang menakjubkan.

Di antara surat Alquran itu ialah surat yang memuat berita "kiamat telah
dekat" dan sekaligus diiringi pernyataan bahwa "rembulan telah terpecah"
pada surah Rembulan (54). Selama beliau di Mekah, seperti biasanya tak ada
yang terkejut dengan ayat-ayat Alquran yang puitis itu.

Masa Rasul di Mekah adalah 571-622 M. Eropa waktu itu sedang dikuasai
Gereja, di India sedang mengalami renaisans agama Hindu, di Daratan Tiongkok
masih berdiri tegak dinasti-dinasti Cina. Pada awal abad ke-7 M itu di Jawa
ada Kerajaan Kalingga yang telah terekam hingga di manca negara. Di
Nusantara waktu itu menggunakan kalender sistem surya dan rembulan. Sistem
surya digunakan untuk bertani, sedangkan rembulan digunakan untuk hajatan.
Ternyata..., tak ada satu catatan pun tentang rembulan yang terpecah menjadi
dua. Itu kalau kita percaya bahwa hanya ada "satu rembulan" yang beredar
sebagai satelit bumi. Entah lagi kalau rembulan di Jazirah Arab sana berbeda
dengan yang di luar Arab.

Kalau gerhana rembulan yang terjadi di sana, boleh jadi di sini tidak
terjadi gerhana. Tapi, kalau rembulan sigar "byak" menjadi dua, ya di
belahan bumi mana pun akan bisa disaksikan. Kecuali, rembulan itu hanya
tampak terbelah --sekali lagi tampak terbelah-- oleh beberapa orang di Mekah
sana. Tapi, seandainya orang Mekah melihat terbelahnya rembulan yang karena
ditunjuk oleh Kanjeng Nabi Muhammad, maka seketika itu pula akan berimanlah
orang seluruh Mekah yang menyaksikannya. Sebab, tak ada kekuatan sihir yang
bisa membelah rembulan! Padahal, orang-orang Quraisy waktu itu menuduh
Muhammad sebagai tukang sihir. Wuuiih.. ngedab-edabi rek mukjizat seperti
itu.

Sebagian besar bahasa Alquran adalah mutasyabihat. Banyak pula yang berupa
metafor atau perumpamaan. Kalau menurut saya dengan membaca lewat kacamata
batin, "rembulan terbelah" itu adalah terbelahnya agama-agama yang ada waktu
itu, sehingga tidak berfungsi lagi sebagai penerang manusia. Maka permulaan
ayat itu menegaskan "saat telah dekat", artinya "kebangkitan agama" yang
dibawa Kanjeng Nabi Muhammad itu dekat waktunya. Ternyata, saat Islam
bangkit itu nyata dan disaksikan oleh mereka.

Salam,
chodjim