Mba Astin, saya pernah komen di salah satu postingan saya, perempuan
itu pada umumnya 'makhluk cerdas' dalam menyikapi kehidupan.  Ini
menyiratkan harapan saya, bahwa dalam
ketidakberdayaannya/ketidakikhlasannya teh Nini yang sejauh ini
memilih di-poligamiin, insha Allah dia memahami keterbatasan dan
kemampuannya. Poligami itu pilihan seperti juga cerai.

(Kita sudah setuju ttg UU poligami dan cerai yang diatur sehingga
melindungi hak-kewajiban anggota keluarga. Dalam hal ini, saya seneng
dengan reaksi bu M. Hatta dll yang tanggap untuk memperbaiki UU
poligami, sekalian juklak dan law enforcementnya. Sementara itu
Pemerintah bisa bekerjasama dengan NGO utk menyediakan konsultasi
keluarga bidang poligami/selingkuhan)

Tapi apakah poligami itu solusi untuk masyarakat yang nggak berdaya?

Kalau di kalangan masyarakat miskin pas-pas an, saya ragu apakah
poligami merupakan solusi? Apakah dengan berpoligami posisi
isteri/anak secara ekonomis akan terangkat, ketimbang bercerai?
Demikian juga dengan ongkos psikologisnya bagi isteri/anak:
- keluarga miskin yang berpoligami berarti berbagi ekonomi yang sudah
kepepet.
- kemiskinan sering jadi sumber pertengkaran utama keluarga monogami,
bayangkan dengan keluarga-keluarga...:-)
- bercerai bagi isteri/anak membuka kemungkinan untuk sumber nafkah
lain (i.e keluarga, bantuan pemerintah/sosial,bekerja sendiri dan
nggak perlu berbagi dengan suami/madu, atau suami/pacar baru).
emangnya ada bantuan sosial kepada keluarga poligami?...:-)
- Kemiskinan itu sendiri kan banyak variablenya.  Pertanyaannya
apakah poligami bisa jadi solusi mengurangi kemiskinan keluarga?
Well, kalau ditanya apakah poligami itu salah satu solusi - saya
bilang bukan, karena yang jadi solusi justru poliandri. Lha, ini cuma
perumpamaan saja. Karena jawabannya cukup obvious, masyarakat
Indonesia kurang menerima lembaga poligami, apalagi poliandri.

Salam
Mia

--- In wanita-muslimah@yahoogroups.com, "astin" <[EMAIL PROTECTED]>
wrote:

> mba Aisha,
>
> gak ada yang saya tolak semua dari penjelasan mbak aisha ini.
bener2
> saya sepakat kok.. :)
>
> selain, concern: thd fakta dimana perempuan2 menderita akibat pria2
> yg kurang mampu menahan hawa nafsunya. dan itu, bisa kita lihat di
> data LBH apik. perempuan menderita akibat cerai & poligami.
> saya cuma mikir2 sendiri: solusinya apa? jangan2 poligami lebih
baik
> dari bercerai buat mereka [buat mereka, lho..]? Jadi, saya tidak
> membicarakan soal mana yg paling elegan. saya tahu, buat saya
> pribadi, lebih elegan bercerai. tapi apakah buat mereka itu, elegan
> [...]
Shihab,