kata katanya jelas kok.

1. Syamsul: 'Satu Itu Darurat'
Menurut ayat itu perintahnya adalah menikahi 2, 3, atau 4 wanita (poligami).
Kalau tidak mampu baru satu (monogami). Jadi, satu itu darurat.

2. Ini baru ditinjau dari aspek Al-Qur'an. Dari tinjauan lain seperti aspek:
sirah, kauni, kuantitas, biologis, sosial dan ekonomi memungkinkan juga
untuk dilakukan poligami.

3. poligami sebagai lifestyle di dalam pemahaman PKS

Salahsatu solusi untuk meredam penyakit sosial ini adalah dengan mempermudah
menikah lagi. Dengan 2, 3 atau 4 istri, bisa mengurangi kejenuhan.

Tanya: Dari aspek ekonomi ?

Jawab: Seorang bujangan datang kepada Khalifah Abubakar RA. Ia mengeluhkan
kehidupannya yang miskin. Abubakar menyarankan: "Menikahlah kamu". Beberapa
waktu kemudian orang itu datang lagi dan tetap mengeluh miskin sekalipun
sudah menikah. Abubakar kemudian menyarankan untuk menikah lagi. Saran ini
dilaksanakan tetapi ia tetap miskin. Ia datang lagi dengan membawa pengaduan
serupa. Abubakar tetap menyarankan untuk menikah lagi.

Untuk yang ketiga kalinya, ia menjalankan saran tersebut. Tidak berapa lama
kemudian ia datang lagi kepada Abubakar. Ia melapor: "Sekarang saya sudah
kaya"

samsul ini [yg mewajibkan poligami] jelas beda ama irwan prayitno, yg di
awal udah bilang, kalo islam cuman membolehkan.

PeKaOnline 27.11.2001 04:34
Kajian Progresif Poligami (5):
:: Irwan: 'Banyak Istri, Banyak Anak, Banyak Konstituen'

PeKa Online-Jakarta, Ketua DPP PK Bidang Kebijakan Publik Dr. Irwan Prayitno
sependapat dengan yang lainnya bahwa poligami itu diperbolehkan dalam
Syari'at Islam, dalilnya tidak usah diperdebatkan lagi. Namun realisasinya,
tergantung masing-masing. Bagi yang mau dan siap, silahkan melakukannya.