Dari http://en.wikipedia.org/wiki/Isra_and_Mi%27raj

The "farthest Mosque" (*al-masjid al-Aqsa*) in verse (17:1) of the
Qur'an<http://en.wikipedia.org/wiki/Qur%27an>is traditionally
interpreted by Muslims as referring to the site at the Noble
Sanctuary <http://en.wikipedia.org/wiki/Noble_Sanctuary> (Temple Mount) in
Jerusalem on which the mosque of that name now stands. This interpretation
is already given by the earliest biographer of Muhammad — Ibn
Ishaq<http://en.wikipedia.org/wiki/Ibn_Ishaq>— and is supported by
numerous
Hadith <http://en.wikipedia.org/wiki/Hadith>. The term used for mosque,
"masjid", literally means "place of prostration", and includes monotheistic
places of worship such as Solomon's
Temple<http://en.wikipedia.org/wiki/Solomon%27s_Temple>,
which in verse 17:7 (in the same sura) is described as a *masjid*.

When Muslims finally did conquer and occupy Jerusalem, they are not known to
have identified the Temple Mount with "the furthest Mosque" until
715<http://en.wikipedia.org/wiki/715>
.

In 715 <http://en.wikipedia.org/wiki/715> the Umayyads built a new mosque on
the Temple Mount; they named this Mosque *al-masjid al-aqsa*, the Al-Aqsa
Mosque <http://en.wikipedia.org/wiki/Al-Aqsa_Mosque> or "furthest mosque".
AL Tibawi, a Palestinian historian, argues that this action "gave reality to
the figurative name used in the Koran." (AL Tibawi, *Jerusalem: Its Place in
Islam and Arab History*, Beirut: Institute for Palestine Studies, 1969, p.
9.)

Jadi, kira2 begini.
Sebelum peristiwa Isra' Mi'raj Nabi Muhammad SAW, sudah ada kuil2 bangsa
Yahudi yang dibangun pada jaman Nabi Sulaiman, yang disebut Holy Temple
(Baitul Maqdis) bertempat di Temple Mount. Kuil ini pernah dihancurkan
bangsa Babylon, dibangun lagi, terus dihancurkan lagi oleh bangsa Romawi.
Reruntuhannya masih ada, dan jadi kiblat pertama umat Islam (sebelum
akhirnya diganti ke Ka'bah).

Pada tahun 715 Bani Ummayah membangun mesjid di Temple Mount, yang kemudian
diberi nama Masjid Al Aqsa. Jadi, memang pengertian masjid itu, tidak selalu
berarti bentuk bangunan yang utuh dan kokoh seperti pengertian sekarang,
tapi bisa juga suatu kawasan yang digunakan untuk bersujud/bersembahyang.

Pas jaman Nabi Sulaiman disebut Kuil Sulaiman (atau Solomon's Temple bahasa
Inggrisnya) atau Baitul Maqdis atau Masjidil Aqsa bahasa Arabnya, bukan
menunjuk pada bangunan tertentu, tapi suatu kawasan. Oleh Bani Ummayah,
mesjid baru yang dibangun di Temple Mount itu dinamai Masjidil Aqsa dengan
inspirasi dari kisah Isra' Mi'raj dari Al Quran (sama kayak orang ngasih
nama pesawat terbang dengan Bouraq Airways, bukan berarti Nabi Isra' Mi'raj
pake Bouraq Airways).

Jaman sekarang, kawasan itu malah jadi persengketaan oleh pihak Yahudi dan
Muslim. Pihak Yahudi menganggap lokasi itu adalah tempat berdirinya Kuil
Sulaiman, dan mereka ingin mendirikan Kuil ketiga (setelah 2 kali
dihancurkan) di lokasi yang sama dengan Masjidil Aqsanya Ummayah untuk
menyambut kedatangan Sang Messiah (Juru Selamat) menjelang kiamat. Makanya
ada beberapa orang Yahudi ekstrimis yang mau menghancurkan Masjidil Aqsa
untuk mendirikan Kuil Sulaiman yang baru (mungkin sama dengan alasan Hindu
ekstrimis yang menghancurkan Masjid Babri di India dengan alasan lokasi itu
adalah tempat berdirinya Kuil Rama di masa lalu).

Soal hadits/riwayat, mungkin perlu dicek sanadnya. Banyak hadits seputar
Isra Mi'raj yang Israiliyat. Misal soal Nabi yang menawar2 jumlah sholat
kepada Allah, kabarnya atas saran nabi Musa AS (membuktikan pengaruh Nabi
Musa (bangsa Yahudi) dalam perkembangan Islam), sekaligus rada janggal,
kenapa Nabi kok menawar2 jumlah ibadah kepada Allah, bukannya sami'na wa
atho'na. Ini malah kelihatan seperti watak Yahudi yang suka menawar2 soal
ibadah, seperti pada kisah penyembelihan sapi (dalam QS Al Baqarah), di mana
orang2 Yahudi nanya2 terus soal sapi seperti apa yang mau dikorbankan.

Begitu menurut saya, mungkin ada yang menambahkan/mengoreksi?

wikan
http://wikan.multiply.com

On 1/12/07, sriwening herpribadi <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

>   Pernyataan pak Wikan bhw " jaman dulu, waktu N. Muhammad Isra Mi'raj,
> mesjidnya belum ada yang ada paling reruntuhan kuil Sulaiman "....agaknya
> bertentangan dgn suatu riwayat yg pernah saya ketahui.......
> Jadi pada waktu berita tentang isra miraj menjadi pro-kontra di masyarakat
> Mekah...ada seorang yahudi yang ingin membuktikan kebenaran isra miraj
> tsb....yahudi ini menanyakan kpd N. Muhammad...berapa jumlah pintu masjid
> Aqsa...sesaat Nabi Muhammad tdk bisa menjawab - krn tujuan ke masjid Aqsa
> ini bukan untuk hitung jumlah pintunya - maka Jibril datang memperlihatkan
> [...]

<*> Your email settings:
    Individual Email | Traditional

<*> To change settings online go to: