Reposting dari file lama.
Wassalam,
HMNA

BISMILLA-HIRRAHMA-NIRRAHIYM

WAHYU DAN AKAL - IMAN DAN ILMU
[Kolom Tetap Harian Fajar]
197. Atlantis the Lost Continent

Pada 30 September 1995 hari Sabtu yang lalu melalui tayangan SCTV saya
sempat menyaksikan menjelang bahagian akhir film yang berjudul Atlantis the
Lost Continent. Yaitu adegan tenggelamnya benua itu oleh semacam senjata
laser. Pada 16 Agustus 1953 sebuah berita kecil diberitakan oleh koran di
Belgia: Een Duitser zou in de buurt van Helgoland op de bodem van de
Noordzee het verzonken, legendarische eiland "ATLANTIS" hebben
teruggevonden. (Seorang Jerman rupa-rupanya telah menemukan kembali
"ATLANTIS" pulau legendaris yang tenggelam itu di sekitar Helgoland pada
dasar Laut Utara -HMNA-). Dan pada permulaan tahun 1954 terbitlah sebuah
buku di Jerman, karya Jurgen Spanuth yang berjudul: Das entratselte
Atlantis. (Terkuaknya Teka-teki Atlantis -HMNA-).

Sebelumnya sekitar 900 buku yang telah diterbitkan mengenai Atlantis itu.
Disepakati bahwa pulau itu terletak pada dasar laut Atlantik. Tak terhitung
banyaknya pula cerita imajinasi tentang Atlantis, yang salah satu di
antaranya ditayangkan oleh media elektronika SCTV itu.  Pakar-pakar di
bidang oceanograf, geologi, sejarah seperti Egyptolog Breasted, penjelajah
peneliti Afrika Leo Frobenius, bahkan penulis roman Pierre Benoit menulis
tentang benua legendaris ini. Barulah Jurgen Spanuth yang mencoba
membuktikan teorinya dengan upaya expedisi ilimyah.

Spanuth berkesimpulan dalam teorinya pada 1948 bahwa Atlantis terletak di
dasar Laut Utara berdasarkan cerita-cerita dan saga dari penduduk yang
bermukim sekitar Laut Utara tentang sebuah negeri yang tenggelam disapu air
laut. Untuk mendapatkan dana ekspedisi ia menulis dan berceramah di Muenchen
dalam tahun 1950 dan berhasil mengumpulkan dana  guna keperluan ekspedisi.
Dalam bulan-bulan musim panas dua tahun berturut-turut (1952 dan 1953) ia
meneliti dasar laut di sekitar Helgoland. Kegiatan dalam bulan Juli dan
Agusutus 1953 inilah yang sempat diliput oleh koran Belgia dan diberitakan
16 Agusutus 1953 seperti dikemukakan di atas itu.

Tidaklah berarti bahwa upaya dan jerih payah expedisi Spanuth itu diterima
pembuktiannya oleh para pakar. Seperti juga halnya dengan Thor Heyerdahl
yang berteori dan berexpedisi. Heyerdahl berupaya membuktikan teorinya bahwa
penduduk Polynesia berasal dari Amerika Selatan dan orang Mesir Kuno
mempunyai hubungan kebudayaan (pyramida dan mummi) dengan orang Aztec, Maya
dan Inca di Amerika. Dari segi pyramida dan mummi ini pulalah para pakar
penteori Atlantis itu (kecuali Spanuth) mengatakan bahwa bangsa Atlantis
merupakan bangsa-perantara di antara kebudayaan Mesir Kuno dengan kebudayaan
Aztec, Maya dan Inca. Thor Heyerdahl berexpedisi menyeberangi Lautan Teduh
dari Amerika Selatan ke Polynesia dengan rakit dari kayu balsa. Rakit itu ia
beri nama Kon Tiki, nama dewa penduduk asli Amerika Selatan dan Polynesia.
Juga berexpedisi menyeberangi Samudera Atlantik dengan rakit dari
batang-batang papyrus. Rakit itu diberi bernama Ra, salah satu dewa dalam
agama Mesir Kuno dari tiga serangkai Amun-Ra-Osiris. Ia berhasil dalam kedua
expedisi itu, namun teorinya tidak diterima oleh kebanyakan pakar.

Cerita tentang benua Atlantis itu bersumber dari orang seorang yaitu Plato
(428 - 347) Seb. Miladiyah. Ia menulis tentang sebuah negeri yang terletak
pada sebuah pulau yang ia namakan Atlantis. Menurut Plato, Solon (638 - 559)
seb. M. telah pergi ke Mesir dan mendapat informasi dari pendeta Mesir bahwa
pernah suatu waktu dahulu kala pada lautan luas sebelah barat Laut Tengah
terdapat sebuah pulau yang didiami oleh sebuah bangsa yang telah tinggi
kebudayaannya. Ibu kotanya kaya dikelilingi benteng yang kokoh. Namun
kemudian pemerintahannya mengalami dekadensi (busuk ke dalam -HMNA-), lalu
mengalami kemunduran budaya dan bahkan akhirnya bangsa itu punah karena
pulaunya tenggelam disapu air laut.

Dalam Seri 145 telah dikemukakan bahwa Abu alHasan 'Ali alAsy'ari (873 -
935), peletak dasar Ilmu Kalam golongan Ahlussunnah, membangun metode
pendekatan beralatkan mata pisau analisis yang mengerat substansi dan
fenomena ke dalam tiga klasifikasi: wajib, mungkin, mustahil. Substansi dan
fenomena yang sesuai TaqdiruLlah (seperti misalnya contoh sekarang:
gravitasi) masuk kategori wajib, yang tidak bertentangan dengan TaqdiruLlah
(contoh sekarang: teori dawai kosmik) termasuk kategori mungkin, boleh jadi
benar, barangkali salah dan yang bertentangan dengan TaqdiruLlah (contoh
sekarang: melanglang-buana menembus waktu) termasuk kategori mustahil.

Pekabaran dari Plato itu masuk dalam kategori mungkin. Karena mungkin, kita
dapat berasumsi, yaitu ada suatu bangsa yang telah tinggi kebudayaannya,
berbenteng kokoh yaitu bangsa Atlantis. Kemudian mengalami kemunduran budaya
dan akhirnya punah karena pulaunya tenggelam disapu air laut. Expedisi
ilmiyah menggali tanah menyelam laut mencari reruntuhan kota bagi para
Muslim yang pakar bukan hanya sekadar untuk kemajuan dan kepentingan ilmu
itu semata, melainkan menarik pelajaran dari sejarah keruntuhan
bangsa-bangsa terdahulu.
-- Awalam Yasiyruw Fiy lArdhi Fayanzhuruw Kayfa Ka-na 'Aqibatu Lladziyna
Ka-nuw Min Qablihim Ka-nuw Hum Asyadda Minhum Quwwatan Wa Atsa-ra Fiy lArdhi
Falakhadza Humu Llahu Bidzunuwbihim (S. Al Mu'min, 21).
-- Tidakkah mereka menjelajah di bumi, lalu mereka memperhatikan bagaimana
akibat orang-orang yang ada sebelum mereka, yang kekuatannya lebih hebat
dari mereka, yang mendirikan benteng-benteng di atas bumi, kemudian Allah
membinasakan orang-orang itu karena dosa-dosanya (40:21). WaLlahu A'lamu bi
shShawab.

*** Makassar, 8 Oktober 1955
   [H.Muh.Nur Abdurrahman]