Pak Wikan berkata :

soal bicara tentang agama, pak jano ko juga jangan salah. banyak
orientalis dan atheis (atau agnotis) yang berbicara tentang agama
lebih baik contohnya Annemarie Schimmel. ya mungkin pengetahuan agama
saya tidak lebih baik daripada pak jano ko, tapi coba kalau ada yang
nggak pas tentang pemahaman saya tolong dikasih tahu. tidak perlu
menjudge (bahwa pengetahuan agama saya jelek). kita sama2 belajar ya,
pak.

  ===============

  Jano-ko

  Saya tidak menjudge anda lho pak, kayaknya saya "memohon kepada pak wikan
untuk mengoreksi saya"  :)

  Bicara soal orientalis, selama orientalis tersebut sudah syahadat maka akan
saya hormati sebagai saudara saya, tapi kalau orientalis tersebut bermaksud
"tidak baik" terhadap Islam maka saya akan mengajak diskusi sang orientalis
tersebut, Boleh thoh diskusi dengan mereka ? jano-ko tidak nggaya lho....
  Marilah diskusi bersama-sama di WM yang indah ini.

  :)

  Salam.

Wikan Danar Sunindyo <[EMAIL PROTECTED]> wrote:
          pak jano ko,
saya kemarin berbicara dalam konteks seorang atheis (atau agnotis)
yang mencari Tuhan tanpa melalui agama2 yang ada, jadi bukan saya yang
mencari yang Tuhan tidak mencari agama, saya sedang ngasih contoh.

[...]

sekarang coba katakan apa yang salah dengan tulisan saya di bawah ini.
ini bukan semata2 buah pikiran saya lho. banyak ulama yang mengatakan
bahwa ini adalah sabda nabi (tolong dikoreksi kalau tidak benar, saya
sendiri tidak punya buku hadits), bahwa kelak umat islam bagaikan
buih, banyak tapi tidak berarti apa2. rekan2 di sini banyak yang jago
hadits mungkin bisa menambahkan, terima kasih

wikan
http://wikan.multiply.com