Dear akhi Sir yang berbahagia.....

  ===> Wrote : Istilah "memelintir" sepertinya kurang pas dalam kasus ini. Juga
makna"ketaatan". Karena pada prinsipnya, secara umum bisa difahami bahwa kita
semua 'taat'; hanya 'cara' menaatinya berbeda. Misalnya begini :Perintah
dasarnya adalah memberikan derma (shodaqoh) ada yang memberikan derma setengah
dari penghasilan bulanannya, ada yang seprapat ada yang sepuluh persen dan
lain2. Lebih jauh lagi, ada yg
suka berderma kepada fakir miskin di jalanan, pada pelajar yatim piatu/miskin,
ada yg suka membangun mesjid bahkan dilapisi emas :=))

  Her : Tidak mungkin ada cara lain untuk menunjukkan ketaatan terhadap suatu
hukum, hanya ada satu cara yaitu sesuai dengan textnya. Terlebih dalam hal
hukum waris yang sangat jelas text qur'annya dan tidak bisa ditafsirkan lain
bahwa 2:1 ya 2:1. Jadi satu2nya cara mentaati hukum waris ya membagi waris
menjadi 2:1. Dalam hal perintah shodaqoh memang dalam text qur'an tidak
disebutkan besarnya shodaqoh yang harus diberikan kepada yang berhak, jadi
ketika akhi Sir mengeluarkan shodaqoh 1%, 10%, 30% atau 50% dari harta milik
akhi Sir sendiri itu tidak bisa disebut sebagai " cara lain " dalam mentaati
perintah. Akhi Sir punya kekuasaan penuh terhadap harta milik anda sendiri
termasuk berapa besar anda mau keluarkan shodaqohnya, ini berbeda dengan harta
waris dimana ahli waris tidak/belum punya hak penguasaan terhadap harta waris
kecuali setelah harta tersebut dibagikan. Tindakan pembagian harta waris
mendahului hak penguasaan ahli waris terhadap harta tersebut, jadi sebelum
 ada pembagian harta waris maka para ahli waris tidak berhak mengatur /
menguasai harta tersebut karena pada hakekatnya harta tersebut bukan milik
mereka.

  ===> Wrote : Yang membagi warisan secara 2:1 (pa/pi) secara ketat dengan yg
setelah membagi dan berembug lagi untuk berhibah; dua-dua-nya TAAT. Saya selalu
mengingatkan pada diri sendiri, kehidupan ini TIDAK SELURUHNYA bisa diakomodir
oleh fiqih, apalagi fiqih tahun jebot. Tidak ada aturan yg bisa mengantisipasi
'masa depan' karena 'masa depan' termasuk keghaiban dimana manusia hanya
sedikit mengetahuinya.

  Her : Apakah menurut akhi Sir masalah waris termasuk masalah
ghoib??????...tentu saja tidak bukan? masalah waris ini sangat jelas dan
sederhana.

  Dan terkait dengan tindakan para ahli waris yang saling menghibahkan, menurut
saya itu bagus dengan catatan bahwa yang melatar belakangi tindakan itu adalah
semata mata karena melihat kondisi ekonomi anggota ahli waris lainnya yang
kurang baik dibandingkan dengan anggota lainnya dan bukan karena adanya
anggapan bahwa pembagiannya tidak adil.

  ===> Wrote : kembali ke masalah TAAT; ketaatan kepada aturan lalu lintas juga
beda,
misal aturannya kecepatan maksimal 80 km per jam; tidak semua orang
memacu mobilnya 79 km per jam, tentu ada yg 50, 55, 60, 65 dst.
Semuanya taat dan tidak ada tujuan memelintir aturan.

  Her : Bagaimana jika peraturan kecepatanannya tertulis 80Km/jam? kata"max"
dihilangkan...bisakah suatu kendaraan melaju dengan kecepatan  dibawah atau
diatas 80Km/jam disebut taat?. Akhi Sir jangan menyandingkan antara ketetapan
waris 2:1 dengan kecepatan max 80Km/jam, keduanya bisa disandingkan jika
didepan angka 2 ditambahi kata "max" sehingga menjadi " max 2:1 ". Maka ketika
harta waris dibagi menjadi misalnya 1:1, 1/4:1, 3/4:1 atau 1 3/4:1 maka
pembagian tersebut bisa disebut taat. Cuma masalahnya text qur'an tidak
menyebutkan kata "max" didepan angka 2.

  Salam
  Her

SIR BATS <[EMAIL PROTECTED]> wrote:
          On 2/21/07, sriwening herpribadi <[EMAIL PROTECTED]> wrote:
> [...]
> ===
> Bagi saya ini bukan masalah merasa tentram atau tidak.....tetapi ini masalah
> bagaimana seharusnya saya bersikap terhadap pilihan dan konsekuensi yang
> timbul dari pilihan tsb ketika saya memilih islam sebagai agama
> saya....tepatnya ini masalah ketaatan terhadap hukum agama dan sikap ini juga
> akan berimbas pada ketaatan terhadap hukum lainnya ( baca : hukum positip )
> yang berlaku....kalau terhadap hukum agama saja kita sudah berani memelintir
> sana sini maka bisa dipastikan kita juga tidak segan2 memelintir hukum

Dear Pak Her,

[...]

ST SABRI

No Anti Microsoft, No against Apple, Just a linux lover.