Saya kira kita perlu mendefini ulang yang mana yang kejahatan
(kriminal) dan mana yg kenakalan dalam hubungan seks diluar nikah.

Kalau kenakalan dianggap kejahatan dan kejahatan dianggap kenakalan
maka akan ranculah rasa keadilan. Rancunya rasa keadilan akan membuat
masyarakat resah dan keresahan tanpa kejelasan akan mudah meletupkan
kemarahan yg dibarengi kekerasan.

Suatu hubungan seks diluar nikah, bagi saya adalah kejahatan jika ada
unsur pemaksaan fisik maupun mental, unsur memanfaatkan kelemahan
perempuan dan unsur menghkhianati kepercayaan.

Tetapi jika unsur2 tsb tidak ada maka hanya dikategorikan kenakalan.

Kenakalan tidak patut dihukum sebagai kejahatan.  Kelihatannya dalam
pemahaman Bapak itu mengkriminalisasikan hubungan seks diluar nikah.

--- In wanita-muslimah@yahoogroups.com, "H. M. Nur Abdurrahman"
<[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> [...]
> seks pra-nikah. Siaran pers Annisa Foundation, sebuah lembaga independen
> yang bergerak dibidang kemanusian dan kesejahteraan gender, menerangkan
> sebanyak 42,3 persen pelajar di Cianjur sudah hilang keperawanannya saat
> duduk di bangku sekolah. Yang lebih memprihatinkan, di antara responden
> mengaku melakukan hubungan seks tanpa ada paksaan atau atas dasar
suka sama
> suka karena kebutuhan. Beberapa responden mengaku melakukan hubungan
seks
> dengan lebih dari satu pasangan dan tidak bersifat komersil.
Direktur Annisa
> [...]
> melibatkan sekitar 412 responden yang berasal dari 13 SMP dan SMA negeri
> maupun swasta di Cianjur dan Cipanas. Disebutkan Laila, berdasarkan
hasil
> survei, total responden yang belum pernah melakukan kegiatan seks
> berpasangan hanya 18,3 persen. Sedangkan lebih dari 60 persen telah
> melakukan kegiatan seks berpasangan. Dari jumlah itu 12 persen
menggunakan
> metode coitus interuptus (meludah keluar jendela) dan selebihnya
pilih alat
> kontrasepsi, yaitu kondom yang dijual bebas di pasaran.

Kirim email ke