  From: Ari Condrowahono
  To: wanita-muslimah@yahoogroups.com
  Sent: Friday, March 09, 2007 9:00 AM
  Subject: Re: [wanita-muslimah] Khashkhash sampai di Amreika Sebelum Columbus

  1. sebenarnya tidak aneh adanya klaim ini [erik si janggut hijau, orang
  viking ajah udah meneukan greenland duluan kok- dekat dekat kanada],
  kalo mau bilang, orang indian itu masih ada keturunan mongoloid [trage
  genetiknya ada di orang orang eskimo dan indian lainnya. mereka pakai
  jalan darat via asia tengah, siberia, alaska, tembus ke kanada, turun ke
  amrika utara dan selatan.. dengan cara ini, kita bisa bilang kalo orang
  mongol duluan yang menemukan benua amerika. :p oh ya, orang makasar
  juga ke australia duluan kok. so what ?

  2. setelah klaim sepi ini, hanya saja bukti yg diajukan yg membuat
  bertanya tanya. apa gerangan ? yg disebutkan adalah nama nama kota.
  baik di amerika utara maupun di amerika selatan. nah, sekarang counter
  argumenya.
  a. spanyol banyak mewarisi kosakata bahasa arab, jadi tidak heran jika
  ada banyak kosa kata arab di wilayah amerika selatan.
  b. budak yg dibawa dari afrika banyak yg asalnya islam. sebagaimana
  banyak orang arab juga yang berprofesi jual beli budak yg diambil dari
  wilayah nusantara maupun afrika untuk dijual di timur tengah.berbagai
  etnis baik yg budak maupun yg juragan, membentuk wilayah dan komunitas
  sendiri dengan penamaan yg spesifik. contoh di wilayah karibia banyak
  yg campuran budaya perancis, spanyol dan timur tengah. jadi gak aneh
  aneh amat lah.
  c. orang arab kristen sejak huru hara israel dan libanon banyak yg lari
  ke amerika latin.

  3. selain itu perlu dipertanyakan juga motif penulisannya. kalau
  memang amerika dianggap potensial, harusnya kekhalifahan dulu migrasi ke
  amerika ajah jgn ke spanyol. cuman bikin heboh perang salib ajah. saya
  khawatir klaim ini sekedar kalim kebesaran saja, namun toh tidak ada
  kenyataan bahwa islam memang telah menghasilkan budaya yang tinggi di
  amerika. jgnkan di amerika, di nusantara saja, bukti bukti ketinggian
  peradaban peninggalan islam lebih banyak berupa pemikiran. namun tidak
  ada seni budaya atau arsitektur adiluhung yg benar benar bisa
  dibanggakan yang katakanlah puncaknya melampaui pencapaian dari
  peninggalan budaya hindu ataupun buddha.

  4. terakhir jika ibnu batutah dan lain lain dikatakan meninggalkan peta
  geografi, dan lain lain buku atau catatan, tolong diupload juga bukti
  bukti softcopynya. mestinya itu tidak termasuk masalah susah jika
  memang bukti arkeologisnya sudah ada di tangan. malah bagus buat saya,
  bisa jadi bahan buat ambil sekolah lagi. susah soale cari bahan bahan
  kayak gini. buaruan di sharing yah.

  sekarang aja cari kitab kuning dari orang islam sendiri yang membahas
  sejarah ekonomi jaman kekaisaran ottoman jaman abad 12-16 kok kayaknya
  gak ada. maunya yg terbitan abad 14 atau 15 lah .... kalau emang ada
  kan bisa jadi rujukan utama tuh. tingal carri wacana perbandingannya
  dari orang jerman, inggris, perancis ... hueheheheheh [kapan ada yg
  ngebeber sejarah kayak dennys lombard membeber ttg Aceh jaman sultan
  iskandar muda dgn rujukan asli ke tulisan dari aceh sendiri, inggris,
  perancis belanda, yg beneran ada diaceh di abad yg sma yah .......].

  salam,
  ari condro