> Lina: Karena idealnya beragama harus pake otak, gak telen mentah2
> apa kata para ulama masing2 agama.

Chae: Kalau menurut saya dalam beragama tidak lepas dari akar budaya
yang ada dilingkungan kita terutama keluarga makanya enggak salah
kalau kita beragama dengan dasar taken for grandted, tapi yang paling
penting justru ketika kita menjalani atau menjabarkan agama itu dalam
kehidupan kita sehari-hari yang harus maka hal inilah yang harus
dilandasi otak/pemikiran tidak asal di cuci otak dan hidup dalam
dokrinitas atau dogma-dogma yang justru mematikan kreativitas kita
dalam beragama.

> Lina: Bukan setengah hati, mbak. Tapi harus berfikir dikotomis

Chae: Pemikiran dikotomis ini lah yang seringkali menyesatkan, jauh
dari sikap bijaksana. Setiap saat Qur'an mengingatkan kita untuk
menghilangkan pemikiran dikotomis salah satu contohnya dengan
mengatakan bahwa Taurat, injil dan Qur'an adalah sama. Juga contoh
lain tentang kesamaan untuk golongan Islam, Yahudi, kristen, Majusi,
dan Shaabiin dll.

> Lina: Kalo saya sih buat pribadi ya mesti absolut, tidak mendua.
> Buat pribadi tidak ada kebenaran ganda. Tidak perlu menerima
> kebenaran agama lain. Yang penting bisa hidup rukun dengan agama
> lain. Kebenaran agama lain, itu urusan orang lain tsb. Kalo sampe
> mbak Chae, misalnya, membetulkan keimanan trinitas yang Isa (as) itu
> Tuhan, ya keimanan mbak perlu dipertanyakan.

Chae: Kenapa harus dipertanyakan??;)) dan apakah bisa kita hidup
berdampingan "sejajar" dalam "keseimbangan" jika dalam diri kita
sendiri ada keyakinan "gue bener" dan "elo salah"?? bagaimana bisa
hidup rukun?? damai?? jangan2 ini cuman kamuflase saja:))

> Lina: Bergantung apa ukuran 'baik' itu

Chae: ukuran baik yang saya tahu adalah tidak berbuat kerusakan dan
kejahatan di muka bumi.

> Lina: Dialog ini menjadi aneh ketika mamanya memulai dengan kata
> memaksa/hal yang buruk tsb...:-)

Chae: hi..hi..hi.. :))buruk kah??? maksudnya??

> Lina: Kalo anak saya pasti menjawab,"karena Allah gak perlu masuk
> surga, maaa. Yang mau masuk surga itu manusiaaaa. Jadi, itu emang
> urusan manusia.

Chae: he..he..he..urusan memasukan seseorang ke surga itu urusan
Allah, kita mah cuman kuat di "NIAT" jadi enggak ada otoritas kita
untuk menghakimi yang lain apakah dia masuk surga apa
tidak...setidaknya anak saya lebih memahaminya:))

> Lina: Ini bukan menghakimi, maaa. Ini diskusi!

Chae: ha..ha..ha...:))

> Mamaku sayang, aku mau tanya deh. Kata mama kan manusia itu
> representative Allah. Allah kan Maha Tahu ya ma, pastinya
> representativenya tau dong, ma. meskipun gak Maha. Allah kan Maha
> Menghakimi, pastinya manusia juga bisa dong menghakimi tapi tidak
> Maha...:-). Jadi, manusia itu memang terbatas krn gak ada Mahanya.
> Jadi, manusia itu bisa menghakimi sebatas ilmu dan yg dimiliki saja.
> Makanya banyak hakim, maaa termasuk hakim garis...:-))
> priiit! out!

Chae: Untuk itu sayang... KARENA KITA TIDAK MAHA MAKA JANGAN
MENGHAKIMI SESUATU YANG KITA TIDAK TAHU ATAU PENGETAHUAN KITA TERBATAS
AKAN HAL ITU...kalau kita berbuat seperti itu maka kita termasuk yang
MELAMPAUI BATAS:))

> for
> [...]

Kirim email ke